Wagub Sumbar Semangati Sekretariat DPRD Hadapi Penilaian Visitasi Anugerah Tinarbuka 2023

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat menerima kunjungan Tim Penilai dari Komisi Informasi (KI) untuk Anugerah Tinarbuka 2023, Senin (10/4/2023). Anugerah Tinarbuka merupakan penghargaan dari KI untuk penerapan keterbukaan informasi publik oleh badan publik secara nasional dan Sekretariat DPRD Provinsi Sumatera Barat masuk nominasi untuk kategori OPD.
 
Tim Penilai Tinarbuka 2023, Gede Narayana dari KI Pusat dan Ayu Riskia dari Kementerian Dalam Negeri mengunjungi Sekretariat DPRD Provinsi Sumatera Barat dalam rangka visitasi untuk cek fakta inovasi, setelah dinyatakan lolos dalam tahapan penilaian uji kepatutan Anugerah TinarBuka 2023 di Hotel Atria Gading Serpong pekan lalu. 
 
Tahapan terakhir penilaian terhadap Sekretariat DPRD tersebut mendapat apresiasi dari Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy. Sebagai bentuk perhatian dan dukungan semangat, Audy hadir mendampingi Sekretaris DPRD dan jajaran yang sedang menjalani penilaian. 
 
Tim Visitasi KI Pusat Gede Narayana dalam kesempatan itu menyampaikan, tahapan visitasi dilakukan setelah Sekretariat DPRD Provinsi Sumatera Barat dinyatakan lolos dalam tahap penilaian uji kepatutan sebelumnya. Visitasi merupakan tahap akhir dari seluruh rangkaian penilaian yang harus dilalui oleh nominator untuk mendapatkan pemeringkatan dalam Anugerah Tinarbuka 2023.
 
"Pada tahap sebelumnya, Sekretaris DPRD Provinsi Sumatera Barat berhasil mempresentasikan sehingga dinyatakan lolos uji kepatutan. Hari ini merupakan tahap akhir yang harus dilalui yaitu visitasi untuk cek fakta mengenai inovasi keterbukaan informasi publik yang telah disampaikan dalam presentasi," kata Narayana.
 
Ayu Riskia, Tim Penilai dari Kemendagri menambahkan, prinsip dari Anugarah Tinarbuka adalah individu yaitu pimpinan dari OPD atau badan publik yang dinilai, terkait inovasi yang dilakukan dalam mengimplementasikan keterbukaan informasi publik. 
 
"Apa saja yang dilakukan, media atau instrumen apa yang disediakan atau diadakan untuk mengimplementasikan keterbukaan hingga sejauh mana masyarakat mendapat kemudahan dalam hal pelayanan informasi yang disediakan termasuk juga intensitas masyarakat terhadap fasilitas akses layanan," terangnya. 
 
Dalam kesempatan itu, beberapa inovasi layanan informasi publik di Sekretariat DPRD Provinsi Sumatera Barat ditinjau oleh Tim Visitasi Anugerah Tinarbuka 2023. Mulai dari fasilitas ruang seperti layanan penerimaan permintaan informasi hingga standar operasional prosedur (SOP) yang diterapkan, fasilitas Pojok Baca Digital (POCADI), hingga ke layanan digital melalui aplikasi dan website dan lainnya. 
 
Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengaku apresiasi atas keberhasilan Sekretariat DPRD Provinsi Sumatera Barat yang berhasil melangkah ke tahap akhir penilaian Anugerah Tinarbuka 2023. Dia berharap OPD tersebut berhasil meraih peringkat terbaik dalam anugerah tersebut.
 
"Kepada tim penilai kami mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas melakukan penilaian terhadap fakta yang ada sesuai dengan standar penilaian. Jika memang yang terbaik tentu akan menjadi kebanggaan bagi Sumatera Barat nantinya," ucap Audy saat menyambut kedatangan Tim Visitasi di gedung DPRD Provinsi Sumatera Barat tersebut.01