DPRD Sumbar gelar Bimtek perkuat perananan reses dorong pembangunan daerah

Jumat, 28 Mei 2021 | 19:53:47 WIB   41

DPRD Sumatera Barat menggelar bimbingan teknis untuk mengoptimalkan masa reses untuk mendorong pembangunan secara merata dan berkelanjutan di daerah tersebut.

 

Menurut Supardi perencanaan pembangunan daerah sangatlah vital sehingga perlu strategi dan pemahaman dalam menentukan kemana arah pembangunan daerah dengan mengoptimalkan segala potensi sumber daya yang ada.

 

"Gubernur dan wakil gubernur harus melakukan sinkronisasi antara masa jabatan dengan periode RPJMD 2021-2026. Hal ini diingatkan karena tidak mungkin target RPJMD lima tahun diselesaikan dengan jabatan yang lebih pendek yakni empat tahun," sebut anggota DPRD daerah pemilihan Kota payakumbuh dan Kabupaten Limapuluhkota tersebut.

 

"Penyampaian pokok pikiran merupakan peran DPRD dalam menjalankan fungsi terutama fungsi penyusunan anggaran berdasarkan kebutuhan aspirasi yang diperoleh saat reses," ujar politisi Gerindra itu.

reses dilaksanakan di akhir masa sidang dan perlu dibakukan jadwalnya untuk masa sidang pertama, kedua dan ketiga. 

 

"Meskipun masa persidangan berhenti sementara, anggota DPRD tetap menjalankan tugas pokok dan fungsinya yaitu mengunjungi dan menjaring aspirasi masyarakat untuk ditampung dan dipertimbangkan dalam rencana kebijakan dan program pembangunan pada tahun anggaran berikutnya," tuturnya

 

Menurut dia  manajemen reses sangat diperlukan mulai dari memetakan  jumlah daerah pemilihan, jumlah desa dan kecamatan di satu daerah pemilihan serta jumlah anggota dewan di satu daerah pemilihan dan sebagainya. 

 

"Setiap fraksi sudah harus memiliki jadwal untuk anggotanya, Sekretariat DPRD sudah siap dengan fasilitasi dan Bamus sudah menyiapkan jadwal pelaksanaan reses,"ujarnya. 

 

Share on:

Pengumuman

Kamis, 23 Juli 2020 | 10:56:51 WIB

Maklumat pelayanan informasi publik ..


Kamis, 12 April 2018 | 09:22:45 WIB

Maklumat Sekretariat DPRD Provinsi..


Download

Artikel Terbaru