Sekwan Raflis Apresiasi SMAN 3 Painan Peroleh Status Badan Publik Informatif

Sekretaris DPRD Sumbar, Raflis mengapresiasi SMAN 3 Painan yang mendapatkan status 'Badan Publik Informatif'. Dia berharap status tersebut akan semakin mendorong sekolah tersebut meningkatkan pelayanan dan mutu pendidikannya. 


Hal itu disampaikan Raflis saat menghadiri acara pengukuhan SMAN 3 Painan sebagai Duta Keterbukaan Informasi Publik (KIP), Senin (6/5) di sekolah tersebut.


"Kita bangga SMA Negeri 3 Painan mendapat status Badan Publik Informatif. Semoga ini menjadi motivasi sekolah-sekolah meningkatkan wawasan dan penyelenggaraan keterbukaan informasi publik," kata Raflis.


Ia berharap, semoga kedepannya SMAN 3 Painan akan semakin baik penyelenggaraan informasi publiknya.  


Raflis juga menyampaikan, beberapa tahun terakhir ini Sekretariat DPRD Sumbar juga sudah menjadi OPD terinformatif. Predikat itu memotivasi sekretariat DPRD untuk terus mengembangkan pelayanan pengelolaan informasi publik.


"Sekretariat DPRD Sumbar sudah lebih maju dalam pelayanan publik baik dari sarana dan prasarana maupun kesiapan sumber daya manusia. Dan kami masih terus berusaha meningkatkannya," papar Raflis.


Dia juga menyebutkan, saat ini di DPRD Sumbar memiliki 11 orang tenaga IT yang menggawangi pelayanan informasi publik. Selain itu juga ada kerjasama dengan media, pengelolaan media sosial, fasilitasi perpustakaan khusus dan podcast.


Dia menyebutkan, dari hasil survei indonesia indikator selama 2023, penyebaran informasi kegiatan DPRD Sumbar berada di peringkat dua terbanyak setelah DPRD DKI Jakarta. 


Sementara itu jumlah kunjungan ke DPRD Sumbar juga tinggi. Pada tahun 2023 ada lebih kurang 11 ribu orang yang berkunjung. Ini terdiri tamu yang terkait aktifitas kedewanan, kunjungan pelajar, mahasiswa, masyarakat umum danbtermasuk pula kunjungan penyamlaian aspirasi . 


"Namun 80 persen merupakan kunjungan penyampaian aspirasi," ungkapnya.


Sementara itu, Kabag Persidangan DPRD Sumbar, Zardi Syahrir menyampaikan tentang pentingnya keterbukaan informasi  dalam menumbuhkan dan meningkatkan kepercayaan publik terhadap integritas lembaha. 


"Kita bangga dan senang adanya duta KIP di lembaga pendidikan, terutama SMA N 3 Painan," ujarnya.


Menurutnya, pengelolaan informasi keterbukaan publik juga akan menjaga integritas sekolah dan menumbuhkan kecintaan tanah air serta mebanggaan akan sekolah.


Untuk diketahui,  acara pengukuhan Duta KIP SMA N 3 Painan ini dihadiri Komisioner KI Sumbar, Dinas Kominfo Pessel, kepala sekolah, majelis guru dan sekitar 50 siswa Duta KIP SMAN 3 Painan.