UMKM Mesti Didukung Dengan Optimal

Ketua DPRD Sumbar menekankan tentang pentingnya memberikan sokongan optimal pada unit usaha mikro kecil menengah (UMKM). Jika ini dilakukan maka perekonomian Sumbar akan semakin kuat. 


Ia mengatakan bentuk sokong tersebut juga termasuk pada upaya mendukung pengoptimalan kegiatan yang bertujuan membuka gerbang promosi para UMKM. Terutama UMKM yang memasarkan inovasi produk keragaman kekayaan adat dan budata Sumbar. 


Hal tersebut disampaikan Supardi saat menghadiri kegiatan sosialisasi serta perkenalan sentra oleh-oleh dan kerajinan Minang 'Uda Sayang' di Payakumbuh baru-baru ini. 


Saat menghidiri kegiatan tersebut ia menegaskan upaya meningkatkan perenomian suatu daerah tak akan bisa terlepas dari dukungan pada UMKM. 


"Berbagai upaya peningkatan ekonomi tak akan bisa optimal hasilnya tanpa ada upaya pula untuk menyokong UMKM," paparnya. 


Ia mengatakan, sudah banyak pengamat ekonomi yang mengatakan bahwa keadaan di Indonesia saat ini memperlihatkan kecenderungan akan terjadinya krisis pangan.


"Ini tentu sangat mengkhawatirkan, apalagi UMKM juga dinilai akan menjadi salah satu korban utama yang terpuruk di kala krisis pangan terjadi," ujarnya. 


Hal ini dikarenakan banyak UMKM yang bergerak di sektor kuliner. Jika bahan baku untuk membuat produk kuliner ini berada dalam kondisi langka tentu saja UMKM bisa sangat kesulitan  


Namun, di lain sisi, lanjut Supardi, menariknya untuk UMKM juga bisa menjadi perisai untuk mencegah krisis pangan. 


"Ketahanan pangan di Indonesia akan sangat terbantu dengan cara mengikutasertakan UMKM caranya dengan mendorong UMKM untuk menjadi besar dan berkembang," katanya. 


Dengan perkembangan UMKM, terutama di sektor kuliner makan kebutuhan pangan untuk memenuhi bahan bakunya juga akan semakin besar. Hal ini mendorong produksi pertanian juga semakin besar. 


Saat menghadiri kegiatan tersebut, Supardi mengapresiasi keberadaan sentra oleh-oleh dan kerajinaj Minang 'Uda Sayang'. 


"Saya mengapresiasi upaya pemilik Uda Sayang yang telah melakukan berbagai inovasi dalam hal promosi keberagaman UMKM," ujar Supardi. 


Ia menilai kegiatan sosialisasi dan perkenakan Uda Sayang ini akan menjadi saat-saat yang penting bagi masyarakat Payakumbuh untuk mengetahui kayanya beragam produk UMKM di  daerah itu. 


Selain itu keberadaa Uda Sayang sangat mendukung perkembangan UMKM di Payakumbuh yang tentunya juga akan memberikan dampak positif untuk pertumbuhan ekonomi Payambuh. 


Supardi juga menilai kesuksesan acara sosialisasi dan perkenalan tersebut telah pula mencerminkan semangat dan kolaborasi yang baik antara pelaku UMKM dan pemerintah. 


"Kita berharap kolaborasi yang baik ini bisa berlangsung secara berkelanjutan sehingga nanti bisa memberikan manfaat yang tak putus, untuk UMKM, masyarakat dan daerah," katanya lagi. 


Kehadiran Ketua DPRD Sumbar Supardi pada acara tersebut dinilai panitia telah menambah kemeriahan acara. 


Lebih dari sekedar penghormatan, kehadiran Supardi juga ikut mengukuhkan momen istimewa dengan kehadiran 100 UMKM unggulan di Sumbar. 


Sebagai tuan rumah, Uda Sayang juga menjadi saksi terselenggaranya platform berkualitas bagi pelaku UMKM. Mereka menyuguhkan kekayaan produk-produk khas Minangkabau. 


Dalam kegiatan sosialisasi itu, Supardi selain berdialog juga menampung aspirasi para pelaku UMKM. Supardi juga menyampaikan apresiasi pada mereka karena telah melakukan inovasi dan memasarkan prpduk khas Minanh karena akan membuat kekayaan tersebut kian lestari