Susun Memori Jabatan di Akhir Masa Tugas, Bamus DPRD Solsel Konsultasi ke DPRD Sumbar

Badan Musyawarah (Bamus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan melakukan kunjungan kerja ke DPRD Provinsi Sumatera Barat, Jumat (2/2/2024). Kunjungan kerja tersebut untuk berkonsultasi terkait penyusunan memori jabatan, seiring akan berakhirnya masa jabatan periode 2019-2024 pada pertengahan Agustus 2024 mendatang.

Pimpinan rombongan kunjungan kerja Bamus DPRD Kabupaten Solok Selatan Afrizal dalam pertemuan yang diterima oleh Sekretaris DPRD Provinsi Sumatera Barat Raflis tersebut mengungkapkan, setiap akhir masa jabatan keanggotaan DPRD, disusun laporan kinerja di dalam memori jabatan.

"Agar penyusunan memori jabatan tersebut dapat dilakukan dengan baik maka kami melakukan konsultasi ke DPRD Provinsi Sumatera Barat," kata Afrizal.

Dia memaparkan, DPRD Kabupaten Solok Selatan beranggotakan 25 orang, berasal dari tiga daerah pemilihan. Masing-masing tujuh orang dari daerah pemilihan Solok Selatan 1 dan Solok Selatan 2 serta 11 orang dari daerah pemilihan Solok Selatan 3. Masa jabatan anggota DPRD Kabupaten Solok Selatan akan berakhir pada 15 Agustus 2024.

Dalam pertemuan itu, Sekretaris DPRD Provinsi Sumatera Barat Raflis menjelaskan, memori jabatan merupakan instrumen untuk menjaga kesinambungan proses pelaksanaan tugas dan fungsi lembaga DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah.

"Melalui memori jabatan tersebut, pada intinya adalah untuk menjaga stabilitas dan kesinambungan pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD sehingga memberikan dampak positif kepada penyelenggaraan pemerintahan daerah pada setiap pergantian masa jabatan," papar Raflis.

Raflis berharap, pertemuan untuk koordinasi tersebut memberikan dampak positif kepada penyusunan memori jabatan kelembagaan DPRD Kabupaten Solok Selatan, pun dengan DPRD Provinsi Sumatera Barat yang juga akan habis masa jabatan pada akhir Agustus 2024. Selanjutnya, proses itu juga turut berdampak positif kepada penyelenggaraan pemerintahan daerah dan kesinambungan program pembangunan daerah. 01