Terapkan Strategi Digital Marketing Pelaku UMKM

Wakil Ketua DPRD Sumbar Suwirpen Suib

Pemberdayaan pelaku UMKM di Sumbar harus dilakukan secara massif. Salah satu persoalan yang sering muncul bagi pelaku UMKM adalah pemasaran. Untuk itu Pemprov Sumbar melalui dinas terkait harus memaksimalkan edukasi pada pelaku UMKM dalam memasarkan produk.

Hal menjadi perhatian Wakil Ketua DPRD Sumbar Suwirpen Suib. Katanya UMKM Sumbar penting menerapkan strategi digital marketing ini. Disebabkan calon pelanggan potensial untuk memperoleh segala macam informasi tentang produk dan bertransaksi melalui internet.

Bagaimana langkah efektif untuk mewujudkan salah satu visi pembangunan Pemprov Sumbar yakni meningkatkan usaha perdagangan serta usaha kecil dan menengah. Termasuk berbasis digital.

Suwripen Suib menyebutkan untuk UMKM, yang terjadi selama ini cenderung tumbuh dengan sendirinya tanpa ada sentuhan kebijakan pemerintah. Dirinya berharap mereka bisa dengan mudah berakses ke berbagai wilayah, misal ke perbankan, permodalan, pemasaran. Pemerintah harus hadir di tengah UMKM memfasilitasi itu.

Politisi Gerindra ini menegaskan mesti ada kontribusi nyata dari pemerintah daerah untuk membuat UMKM bisa tumbuh mandiri. Sebab UMKM adalah salah satu penyangga ekonomi di tengah masyarakat. (***)