Wakil Ketua DPRD Sumbar Ajak Perantau Batu Banyak Bangun Nagari

 Wakil Ketua DPRD Sumbar Suwirpen Suib menghadiri halal bihalal keluarga besar Batu Banyak, Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok, Rabu (17/5). Pada acara yang digelar di Gedung Rohana Kudus, Kota Padang itu, Suwirpen mengajak seluruh perantau Batu Banyak untuk berkontribusi membangun daerah asal.

“Nagari Batu Banyak merupakan daerah yang memiliki banyak potensi, baik itu sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Kontribusi para perantau sangat penting agar kelebihan yang dimiliki bisa dimaksimalkan untuk pembangunan daerah,” katanya.

Suwirpen yang juga putra Batu Banyak tersebut mengatakan, Batu Banyak merupakan wilayah pertanian, mayoritas penduduknya bekerja mengelola hasil alam untuk dijadikan sumber ekonomi. Sentuhan para perantau akan sangat bermanfaat agar pertanian menjadi sumber kesejahteraan, sehingga berdampak terhadap lahirnya SDM yang lebih berkualitas.

“Tidak kalah penting, Batu Banyak harus memiliki perwakilan di parlemen tingkat kabupaten, provinsi, hingga pusat. Sehingga, bantuan-bantuan melalui anggaran pemerintah bisa direalisasikan untuk pembangunan Batu Banyak pada seluruh sektor,” katanya.

Suwirpen berpesan agar masyarakat Batu Banyak memprioritaskan pendidikan anak kemenakannya untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik. Meskipun ekonomi sulit, pendidikan sangat penting demi melahirkan SDM yang lebih berkualitas. Hingga sekarang, perantau Batu Banyak telah banyak berkiprah di berbagai bidang. Ada yang menjadi dokter, pejabat pemerintah, personel TNI-Polri, hingga anggota legislatif.

Pada kesempatan tersebut, Suwirpen mendapatkan penghargaan dari perwakilan kelompok tani Nagari Batu Banyak atas dedikasinya memberikan perhatian terhadap sektor pertanian. Ke depan, Suwirpen akan mengusahakan bantuan ternak sapi untuk kelompok tani yang ada di nagari itu.

Sementara, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy yang turut hadir pada kesempatan itu mengatakan, Walinagari Batu Banyak jangan segan berkoordinasi dengan pemerintah provinsi. Sebab. Kabupaten Solok merupakan bagian dari Sumbar dan harus merasakan sentuhan pembangunan pemerintah provinsi, baik itu infrastruktur, pengembangan potensi alam, dan lainnya.

Wagub mengatakan, pemprov siap berkolaborasi untuk membangun nagari Batu Banyak, mulai dari gubernur, wakil gubernur, hingga pimpinan DPRD.

“Apapun yang bisa dioptimalkan untuk kebutuhan masyarakat akan diupayakan,” kata wagub.

Dia juga berharap putra Batu Banyak, yaitu Suwirpen Suib bisa melanjutkan perjuangan untuk masyarakat Batu Banyak ke tingkat yang lebih tinggi.

Ketua pelaksana acara, Irawan Darwis menyebut, terakhir halal bihalal keluarga besar Batu Banyak dilaksanakan pada 2002 dan sekarang baru bisa diadakan lagi.

“Undangan yang disebar sebanyak 350 orang, namun yang datang mencapai 500 orang lebih,” katanya.