Suwirpen Suib Tampung keluhan Masyarakat Andalas

PADANG,- Permintaan mobil operasional majelis taklim, kebutuhan jalan lingkungan hingga baju kurung unsur bundo kandung, menjadi sejumlah aspirasi yang diterima Wakil Ketua DPRD Sumbar Suwirpen Suib saat melaksanakan reses perorangan di Kelurahan Andalas, Kecamatan Padang Timur, Jumat Sore, (3/3).

\\" Cukup banyak aspirasi yang ditampung dari masyarakat Andalas ini, bahkan ada pengajuan diluar kewenangan perwakilan rakyat provinsi, namun hal itu akan diperjuangkan melalui program-program yang ada atau secara personal,\\" katanya.
 
Dalam pertemuan itu terungkap pada Kelurahan Andalas ada beberapa RT di RW 05 jalan lingkungannya butuh perbaikan dan pembangunan, sehingga bisa menjadi akses masyarakat untuk beraktivitas sehari-hari. Jika sarana prasarana memadai akan berdampak positif terhadap sektor ekonomi. 
 
Dalam pertemuan itu Suwirpen mensosialisasikan adanya sejumlah bantuan yang bisa dioptimalkan melalui program pemerintah provinsi untuk masyarakat Andalas, salah satunya bantuan pencegahan stunting, dimana ibu hamil atau yang memiliki balita bisa diberikan bantuan Rp 450 ribu per bulan.
Untuk itu pihak kelurahan harus melakukan pendataan dengan optimal. 
 
\\" Tidak hanya bantuan stunting, bantuan modal usaha juga ada dari pemerintah provinsi, tinggal optimalisasi pendataan saja,\\" katanya.
 
Disisi lain Suwirpen mendorong masyarakat Andalas bisa menyiapkan masa depan yang lebih cerah untuk anak-anak melalui pendidikan yang memadai, jangan sampai anak-anak kita menjadi generasi yang hancur seperti sampah masyarakat. 
 
Sama seperti lokasi reses sebelumnya, masyarakat Andalas juga mengeluhkan sistem zonasi penerimaan peserta didik, masyarakat Andalas untuk pendidikan SMP hampir semuanya diterima di sekolah negeri terdekat, namun jika untuk pendidikan SMA tidak ada yang dapat. Jadi hal itu juga harus menjadi evaluasi pemerintah daerah. 
 
Dia berharap, keluhan masyarakat harus dicarikan solusinya secara bersama-sama, sekarang ekonomi sulit dan dunia kerja pun banyak terjadi PHK. Kondisi itu diperburuk dengan tingginya harga bahan pokok di pasaran.
 
Disisi lain pihaknya menyampaikan pentingnya menjaga harmonisasi dalam kehidupan bermasyarakat, kerukunan merupakan hal yang utama dalam menciptakan lingkungan nyaman, untuk itu perlu sikap saling menghargai dalam perbedaan.
 
Salah satu masyarakat Ade mengatakan ada sejumlah jalan lingkungan yang butuh dibangun di RW 05 di Kelurahan Andalas yaitu di RT 01, 02 dan 04, jalan itu digunakan oleh masyarakat untuk beraktivitas sehari-hari, sekarang kondisinya memprihatinkan karena selain berbatu-batu, badan jalan juga sempit.
 
\\" Semoga bisa diperjuangkan oleh Wakil Ketua DPRD Sumbar pada tingkat provinsi harapan masyarakat yang mengharapkan jalan lingkungan yang layak,\\" katanya. (03)