Suwirpen : Sinergi Antar Lembaga Vital Ciptakan Iklim Pemerintahan Kondusif

Wakil Ketua DPRD Sumatera Barat (Sumbar) Suwirpen Suib mengatakan sinergi antar lembaga memiliki peran vital dalam menciptakan iklim pemerintahan yang kondusif sehingga memberikan dampak positif terhadap seluruh sektor pembangunan.

"Sinergi ini tentu harus terus dipupuk dan berjalan dengan baik sehingga laju pemerintahan berjalan sesuai regulasi," kata dia.

Politisi Partai Demokrat ini mengatakan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) merupakan mitra strategis DPRD dalam mengawal kinerja pemerintahan, baik dari segi pembangunan maupun pengelolaan anggaran.

Menurut dia BPK bisa menjadi pengingat lembaga legislatif untuk menjalankan tugas, pokok dan fungsi (tupoksi) sesuai dengan aturan yang ada.

" Dengan adanya BPK kita akan bekerja hati-hati dalam menjalankan program dan kegiatan agar tidak menjadi temuan di kemudian hari," katanya.

Dia mengatakan terkait pembentukan Pansus LHP BPK DPRD Sumbar akan melakukannya pada bulan Mei 2022, karena mesti melalui sejumlah mekanisme terlebih dahulu.

Ketika Pansus LHP BPK DPRD Solsel telah bekerja dan terjadi temuan pada pemerintah kabupaten, jangan buru-buru jadikan itu konsumsi publik karena akan merusak jalannya roda pemerintahan di kemudian hari.

"Pansus nantinya akan melahirkan rekomendasi dalam temuan-temuan yang didapati oleh BPK, maka berikanlah gagasan untuk pengoptimalan pengelolaan keuangan daerah," katanya.

Dia menyebut, berlandaskan dari LHP BPK kita bisa mengevaluasi kekurangan ataupun masalah dalam realisasi program pemerintahan. Sehingga bisa diperbaiki atau disempurnakan untuk masa-masa datang.

Pada kesempatan itu tidak hanya  Pansus LHP BPK DPRD Solsel saja yang datang, namun juga gabungan lintas komisi.

Sementara itu, Armensyah Johan dari DPRD Solsel mengatakan kedatangan mereka ke DPRD Sumbar demi mendapatkan masukan, informasi untuk mengefektifkan kinerja tim pansus LHP BPK DPRD Solsel.

“Kami berharap nantinya hasil rekomendasi yang dihasilkan pansus bisa memberikan manfaat untuk penyempurnaan kinerja pemerintahan Solsel dan juga pelaksanaan pembangunan,” katanya.(PUB/02)