Wakil Ketua DPRD Sumbar Hadiri Apel Gabungan Pengamanan Akhir Tahun

Wakil Ketua DPRD Sumbar, Suwirpen Suib, menghadiri apel siaga pengamanan Natal Tahun Baru (Nataru) di kantor Wilayah Kemenkumham, Jumat (23/12). Suwirpen berharap dengan apel siaga ini dapat tercipta perayaan natal dan tahun baru yang aman dan lancar tanpa ada kendala yang berarti.

"Potensi yang harus diwaspadai seperti  kemacetan lalu lintas, kecelakaan dan kepadatan di tempat umum, seperti bandara, pelabuhan dan lainnya. Pengamanan optimal perlu dilakikan untuk menghindari hal-hal buruk. Sehingga nataru dapat berlangsung dengan kondusif," katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumbar, R. Andika dalam sambutannya mengatakan, menghadapi libur natal 2022 dan tahun baru 2023 memang diperlukan peningkatkan keamanan, ketertiban dan optimalisasi pelayanan terhadap tahanan di lapas dan rutan.

"Apel siaga jelang Natal dan tahun baru ini tujuannya untuk terciptanya kondisi aman dan tertib di lingkungan kerja Kemenkumham Sumbar, khususnya lingkungan lapas dan rutan di Sumatera Barat," ungkapnya dalam apel siaga yang dihadiri Unsur Forkompimda, Kepala OPD, Kepala Lapas dan Rutan se-Sumbar serta undangan lainnya.

Usai apel, secara bersama-sama juga dilakukan pemusnahan barang hasil razia dengan cara dibakar. Barang yang dimusnahkan tersebut merupakan hasil operasi razia dan penggeledahan yang dilakukan pada tahun 2022 di seluruh lapas dan rutan yang ada di Sumatera Barat.

"Operasi dan razia dilakukan dalam rangka mencegah gangguan keamanan dan ketertiban di seluruh lapas dan rutan yang ada di Sumbar. Operasi ini juga dilakukan untuk mencegah masuknya barang terlarang ke dalam  warga binaan," ujarnya.