ATASI PERSOALA SOSIAL DI MASYARAKAT Ketua DPRD Sumbar Dorong Tim Pilar Sosial Bekerja Maksimal

Rabu, 26 Oktober 2022 | 15:23:16 WIB   79



BUKITTINGGI,- Ketua DPRD Sumbar, Supardi mendorong pilar-pilar sosial bekerja maksimal untuk menyelesaikan persoalan sosial yang terjadi di tengah masyarakat. Hal ini disampaikan Ketua DPRD Sumbar Supardi dalam sambutannya pada acara Pertemuan Pilar Pilar Sosial angkatan III dari Payakumbuh Selatan di Hotel Pusako Bukittinggi , Jumat malam (21/10).

Dalam pertemuan ini hadir antara lain pekerja Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Taruna Siaga Bencana (Tagana), Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS), Karang Taruna, Pendamping PKH, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Sakti Peksos dan Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat (WKSBM).
Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala  Dinas Sosial Provinsi Sumbar, Arry Yuswandi, SKM, MKM dan jajaran.

Supardi berharap peserta dalam pertemuan ini bisa menjadi pilar atau tiang-tiang layaknya sebuah tombak, dan pasukan khusus yang ada di daerah masing masing, untuk bekerja menyelesaikan permasalahan sosial yang terjadi di tengah masyarakat.

"Kondisi sekarang ini berbagai permasalahan sosial terjadi di tengah masyarakat, salah contohnya yaitu masalah gagal ginjal akut disebabkan obat sirup yang banyak dialami oleh anak-anak,"ujarnya.

Selain itu, sambungnya, ada juga isu resesi ekonomi pada 2023 mendatang, persoalan stunting yang disebabkan kekurangan gizi dan kelaparan pada anak anak, napza, kemiskinan hingga masalah lainnya.

Supardi menegaskan, pemerintah tentunya harus hadir dalam berbagai kondisi yang dihadapi masyarakat tersebut, mencari solusi dan penyelesaian masalah sesuai aturan dan norma-norma yang berlaku.

“Untuk pilar pilar sosial diharapkan bisa berkerja cepat, dengan pendekatan berkoordinasi dengan semua lembaga masyarakat yang ada," terangnya.
Ia menyebut semua permasalahan akan bisa diatasi jika dicari jalan keluarnya secara bersama.

"Persoalan sosial yang ada hendaknya juga tidak bisa serta-merta diserahkan kepada pemerintah, akan tetapi butuh partisipasi aktif masyarakat untuk turut serta menuntaskannya," serunya.


Lebih lanjut ia berpesan, setiap anggota pilar-pilar sosial, agar benar benar bekerja dan memberikan hal-hal terbaik untuk masyarakat, dan  terhadap mereka yang memiliki masalah sosial di daerah binaannya

Download File
  • File PDF tidak tersedia