Legislator: Penanganan banjir Belimbing dilakukan berkelanjutan

Anggota DPRD Sumatera Barat Desrio Putra mengatakan penanganan banjir di kawasan perumahan padat penduduk di kawasan Belimbing Kuranji Kota Padang dilakukan secara berkelanjutan.

 

"Kita bersama PSDA Sumbar terus berupaya agar kawasan ini bebas banjir tentu dengan perbaikan drainase dan pembuatan saluran buang air," kata politisi Partai Gerindra tersebut.

 

Pada saat ini proyek pembangunan saluran buang air di Jalana Raya Kuranji-Belimbing dalam tahap persiapan pembanguan dengan nilai proyek Rp1,2 miliar yang akan dibangun pada tahun ini.

 

Kawasan ini dulunya sawah yang memiliki saluran irigasi yang menyebar dan beralihfungsi jadi perumahan. Ketika ada hujan deras maka banjir akan langsung terjadi.

 

"Ini yang coba kita bantu melalui dana pokok pikiran yang memang berasal dari aspirasi masyarakat Belimbing ini," ujar dia.

 

Sebelumnya pada 2021 dirinya bersama PSDA Sumbar juga melakukan pengerukan normalisasi drainase saluran primer di kawasan Belimbing Kota Padang yang kerap menyebabkan banjir jika hujan dengan intensitas tinggi terjadi di daerah itu.

 

"Normalisasi akan dilakukan di kawasan ini sepanjang 1.200 meter. Air akan disalurkan hingga ke saluran pembuangan. Alhamdulillah sejak 2020 hingga saat ini dana pokirnya sebagai anggota dewan selalu diberikan ke masyarakat Kuranji ini agar dapat membantu masyarakat," paparnya.

 

Ia mengakui dana APBD Kota Padang tentu tidak akan cukup untuk melakukan fisik karena keterbatasan anggaran yang hanya berkisar Rp2 triliun lebih. Makanya saat Musrembang di kecamatan ada banyak usulan yang dilakukan hanya beberapa karena keterbatasan sehingga menggunakan skala prioritas.

 

"Ini upaya yang kita lakukan melalui APBD provinsi agar masyarakat bebas banjir dan bisa tenang. Selain itu memang perbaikan fisik lain juga dikejar sesuai dengan kewenangan sehingga butuh sinergitas antara Pemprov dan Pemkot Padang," tutupnya.

 

Camat Kuranji Yandra mengakui kawasan Belimbing memang kerap terjadi banjir karena drainase dan saluran buang yang tidak berfungsi optimal.

 

"Kita berterima kasih dengan perhatian tersebut. Ini memang dikeluhkan masyarakat saat hujan deras langsung banjir," kata dia.