Potensi Generasi Muda Koto Panjang Payobasuang Perlu Didukung.

Minggu, 10 April 2022 | 16:09:41 WIB   104

Kelurahan Koto Panjang Payobasung, Kecamatan Payakumbuh Timur memiliki potensi generasi muda yang gemar berpidato, sehingga perlu diberikan dukungan agar mereka bisa menyebarkan tausiah agama dimasa depan.

Hal itu diungkapkan Ketua DPRD Sumbar Supardi, saat bersafari Ramadhan di Masjid Baiturrahman di daerah tersebut,  Sabtu (9/4). Secara budaya, generasi muda Koto Panjang Payobasung  telah tertanam bakat-bakat berbicara didepan umum, hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya mereka menghabiskan waktu untuk belajar banyak hal di masjid.

Masyarakat harus memberikan ruang untuk itu, agar mereka bisa menyebarkan tausiah-tausiah agama di masa depan.  

“Potensi yang dimiliki generasi muda harus dioptimalkan, sehingga mereka bisa menjadi penyebar ajaran kebaikan berbasis Islam setelah diberikan ruang oleh tokoh-tokoh masyarakat,” katanya

Dia mengatakan siap turun tangan memberikan bantuan untuk membangun rumah tahfidz ataupun TPA di Payobasung.

\"Meski anggaran untuk bantuan rumah Tahfidz atau TPA tidak masuk dalam komposisi APBD Sumbar, pihaknya siap memberikan secara pribadi agar bakat-bakat agama generasi muda daerah ini bisa bermanfaat,\" harapnya.

 

Dia mengatakan dalam beberapa hari ini, pihaknya telah berkunjung ke Kabupaten Limapuluh Kota dan Payakumbuh untuk bersafari Ramdan, banyak potensi-potensi luhak limapuluh ini yang harus dioptimalkan dan memberikan manfaat bagi pembangunan daerah. Masyarakat Payobasung memiliki semangat gotong royong, dalam satu tahun saja telah berdiri masjid  disini.  

Dalam kunjungan Safari Ramadhan tersebut, Supardi menyerahkan bantuan pemerintah provinsi Sumatera Barat sebesar Rp50 juta yang diterima langsung secara simbolis  oleh pengurus  Masjid  Baiturrahman

Sementara itu, pengurus Masjid  Baiturrahman Marjoni mengatakan,  dalam beberapa tahun terakhir jamaah masjid terus mengalami peningkatan, pada momentum perayaan hari besar Islam seperti lebaran, ada jamaah yang terpaksa duduk dekat tempat berwudhu.

Dengan kondisi demikian, pengurus mengajukan pembangunan kanopi untuk menambah daya tampung masjid. 

\" Lahan sudah disediakan beberapa hectare, tinggal memasang kanopi saja lagi,\" katanya.

Wakil Ketua DPRD Kota Payakumbuh Wulan Denura yang juga hadir dalam Safari Ramadan itu mengatakan, dengan telah dibukakan akses untuk beribadah di masjid selama bulan puasa, harus dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk mendapatkan pahala berlipat.

“ Semoga masjid yang dicintai masyarakat Koto Panjang Payobasung ini bisa lebih berkembang secara fisik dan pengelolaan, sehingga  seluruh jemaah bisa beribadah dengan lebih khusu,” tutupnya. (03)