Sekretariat DPRD Sumbar Mobilisasi Seratusan Orang Ikut Vaksinasi di Gebyar Sumdarsin

Minggu, 19 Desember 2021 | 21:34:51 WIB   125

 
 
 
 
PADANG- Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) ikut memobilisasi warga yang akan mengikuti vaksinasi besar-besaran, Sabtu (18/12/2021). Dua kendaraan operasional jenis minibus disiagakan untuk memberikan pelayanan antar jemput, selain juga disediakan “oleh-oleh” sebagai buah tangan bagi warga yang ikut divaksinasi.
 
Sekretaris DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) H. Raflis menyebutkan, pemerintah provinsi bersama Kepolisian Daerah (Polda) Sumbar hari ini menggelar gebyar vaksinasi besar-besaran dalam rangka Gerakan Sumbar Sadar Vaksin (Sumdarsin) di kantor gubernur.
 
“Sehubungan Gerakan Sumdarsin tersebut, Sekretariat DPRD ikut membantu mobilisasi massa dengan mobil operasional,” kata Raflis.
 
Untuk kebutuhan mobilisasi warga tersebut, sementara ini disediakan dua minibus operasional dinas. Sudah ada sekitar 40 orang yang diantar ke lokasi pelayanan vaksinasi di kantor gubernur, dari keluarga besar Sekretariat DPRD Sumbar dan warga lainnya. Mengingat kondisi cuaca Kota Padang yang sedang hujan, jumlah warga yang dilayani antar jemput bisa saja bertambah lebih banyak lagi.
 
“Selain itu, juga masih ada keluarga dekat dari pegawai sekretariat yang sudah konfirmasi untuk minta diantar,” lanjutnya.
 
Untuk menarik minat warga agar mau divaksin, selain layanan antar jemput, tambahnya, Sekretariat DPRD Sumbar juga menyediakan sedikit oleh-oleh untuk buah tangan. “Bagi warga yang ikut vaksinasi, kami ada sedikit oleh-oleh untuk buah tangan,” ucapnya.
 
 
Selain yang dimobilisasi langsung, lanjut Raflis, pegawai sekretariat juga ada yang berpartisipasi membawa warga ke tempat pelayanan vaksinasi secara personal. Sebab, memang pihaknya meminta agar pegawai yang memiliki kendaraan roda empat pribadi ikut berpartisipasi demi mensukseskan pemberian vaksinasi kepada masyarakat.
 
“Intinya, kami ikut mendorong bagaimana upaya memberikan perlindungan kesehatan kepada masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini bisa berjalan maksimal,” ujarnya.
 
Raflis menegaskan, setelah kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan berhasil menekan penyebaran corona, maka upaya perlindungan diberikan melalui program vaksinasi oleh pemerintah. Vaksinasi merupakan ikhtiar, agar ketika ada yang terpapar, virus Covid-19 tidak menimbulkan risiko lebih buruk terhadap yang bersangkutan.
 
Supaya target minimal 70 persen penduduk mendapatkan vaksinasi, kata Raflis, sebagai Organisasi Pemerintah Daerah (OPD), Sekretariat DPRD Provinsi Sumbar memiliki tanggung jawab untuk mendorong pencapaian target tersebut.
 
“Sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah kepada masyarakat, didukung oleh pimpinan dan seluruh anggota Dewan, kami di sekretariat ikut berpartisipasi agar target tersebut bisa tercapai,” katanya.
 
Raflis mengajak warga yang beluk divaksin agar segera mendapatkan vaksinasi. Mobil operasional DPRD Sumbar siap memberikan pelayanan antar jemput untuk memudahkan warga datang ke tempat pelayanan vaksinasi.
 
“Bisa datang langsung ke gedung DPRD sebagai titik kumpul, staf kami juga bersedia menjemput ke alamat apabila diminta dan pulangnya juga bisa minta diantar langsung ke alamat di dalam Kota Padang,” tandasnya. (01)