Studi Tiru Kehumasan DPRD Sumbar ke Riau, Manfaatkan Teknologi Penyebarluasan Informasi

Tingkatkan kinerja penyebarluasan informasi kedewanan  kepada masyarakat, Bagian Dokumentasi Publikasi Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), serta beberapa wartawan yang berasal dari media cetak,online dan radio, berkunjung ke DPRD Provinsi Provinsi Riau, Kamis (9/12).

Dalam kunjungan tersebut terungkap, Sekretariat DPRD Sumbar, akan melakukan inovasi memanfaatkan perkembangan teknologi untuk meningkatkan kinerja kehumasan.

Kepala Sub Bagian Humas Protokol dan Publikasi Sekretariat DPRD Sumbar Dahrul Idris menyampaikan, kunjungan Ke Provinsi  Riau dalam upaya bertukar informasi dan menggali pola kehumasan sekretariat DPRD di berbagai daerah untuk menggenjot kinerja penyebarluasan informasi.

“Sebagai bagian dari sekretariat DPRD yang mengurus masalah penyebarluasan informasi, kami mengajak wartawan yang berposko di DPRD Sumbar untuk mengetahui pola sekretariat DPRD di berbagai daerah,” ungkap Idris menyampaikan tujuan dari kunjungan tersebut. Kepala Sub Bagian  Humas Protokol dan Publikasi Sekretariat DPRD Sumbar Dahrul Idris bersama rombongan diterima oleh Kepala Bagian Umum Sekretariat DPRD Riau, Raja Faisal. Dia melanjutkan, wartawan merupakan mitra strategis dalam penyebarluasan informasi. DPRD Sumbar telah berupaya semaksimal mungkin membangun sinergitas dan kerja sama yang baik dengan wartawan dan media di Sumbar untuk mempertahankan kemitraan tersebut. “Kami menyusun berbagai program dengan wartawan dan media sebagai mitra strategis kami dalam penyebarluasan informasi. Sehingga kegiatan kedewanan dapat terekspos sebanyak mungkin untuk diketahui masyarakat, serta meningkatkan kualitas publikasi,” ucapnya. \"Sementara untuk penyebarluasan informasi, selain melalui media massa, pihaknya akan mengoptimalkan platform digital Seperti facebook, instagram, kanal youtube, twitter dan sebagainya. Untuk sekarang sejumlah media sosial resmi DPRD Sumbar telah ada namun secara fungsi belum optimal ,\" ujarnya. Untuk diketahui Studi Tiru Kehumasan DPRD Provinsi Sumbar ke Yogyakarta berlangsung selama empat hari, mulai Rabu hingga Sabtu (8 sampai 11 Desember 2021). Selain ke DPRD Provinsi Riau, juga diagendakan sejumlah kegiatan, termasuk berkunjung ke Kantor Media Tribun Pekanbaru. Sementara itu Kepala Bagian Umum Sekretariat DPRD Riau Raja Faisal Mengatakan untuk bekerja sama dengan media, sekretariat merujuk pada Peraturan Gubernur (Pergub) Riau Nomor 19 Tahun 2021, salah satu muatan Pergub tersebut  media yang bekerja sama dengan DPRD Riau mesti terverifikasi oleh Dewan Pers. “ Tidak hanya mengatur soal administrasi kerjasama, namun juga pembiayaan untuk peliputan ataupun advertorial,” katanya. Untuk proses kerjasama, lanjutnya, untuk media cetak dibagi tiga grade, pertama media cetak yang terbit setiap hari, untuk pembiayaan Advertorial dan Pariwara itu Rp 8 juta satu bulan, jika jurnalisnya rajin maka media tersebut bisa mendapatkan lebih dari satu, bahkan sepuluh dalam satu bulan. Selanjutnya media cetak yang terbit mingguan. Jika memenuhi spesifikasi untuk bekerja sama, maka mendapatkan biaya advertorial sebesar Rp 5 juta. Begitupun media online, untuk liputan khusus mereka mendapatkan Rp 500 ribu per bulan. Raja Faisal terkesan dengan Inovasi Sekretariat DPRD Sumbar yang telah memiliki aplikasi penyampaian aspirasi secara online yaitu Asik dan Kumpulan Berita DPRD (Kube). Terkait dengan penyerapan aspirasi secara online, Sekretariat DPRD Riau tengah merancang dan akan direalisasikan pada tahun 2022.      

Untuk diketahui Pergub Nomor 19 Tahun  2021  baru diberlakukan Mei. Raja Faisal mengakui pihaknya mengandalkan staf humas untuk menulis rilis  terhadap kunjungan anggota DPRD ke daerah atau ke daerah pemilihan.  “ Para jurnalis , bisa mengakses website kami untuk mengambil rujukan berita dan mengkonfirmasi kepada dewan bersangkutan,” tutupnya . (03)