Dukung KSSB 2021, Ketua DPRD Supardi Dorong Ide-Ide Seniman Disingkronkan Dengan Program Pembangunan Daerah

Jumat, 12 November 2021 | 11:05:42 WIB   50

PADANG,- Ketua DPRD Sumbar Supardi mendorong masukan dan ide-ide inovatif para seniman, harus disinergikan dengan program-program pemerintah daerah dalam upaya mengoptimalkan pembangunan sektor kebudayaan dan ekonomi kreatif.
Hal tersebut, ditekankan Supardi saat pembukaan Acara Kemah Seniman Sumatera Barat (KSSB) 2021, Kamis (11/11) di lapangan komunitas intro  Kota Payakumbuh.  Dikatakannya,  KSSB merupakan wadah peningkatan kreativitas seniman melalui transfer ilmu dari sang maestro hingga ke seniman pemula.

Melalui  pola saling berbagi ,nantinya akan lahir ide-ide inovasi yang bisa disinkronkan dengan program pemerintah daerah untuk menunjang pembangunan.

“ Pengembangan kesenian dengan kolaborasi kemajuan teknologi merupakan hal yang bisa dimanfaatkan untuk  melahirkan karya-karya inovatif bagi masyarakat. Iven ini harus didorong lebih, hingga ke tingkat nasional,” katanya.
Dia merincikan kegiatan KSSB melibatkan 200 seniman Se Sumatera Barat dan dilaksanakan selama tiga hari 11-13 November, kegiatan sendiri dihadiri para seniman tari, musik, seni rupa, sastra, teater hingga tradisi. “Alih Wahana”  merupakan tema dari KSSB  dan tag linenya mambasuik dari bumi, dengan tema dan tagline itu para seniman harus mengeksplorasi dan mengekspos kekayaan kebudayaan kesenian daerah.

“Selama tiga hari dalam area perkemahan ada sejumlah kegiatan yaitu diskusi, workshop, pertunjukan hingga pameran. Dengan itu terciptalah ruang saling berbagi untuk para seniman ,” katanya .
Dia menekankan kesenian dan kebudayaan merupakan tanggung jawab bersama, dari masyarakat hingga pemerintah daerah. Diketahui  bahwa Sumbar merupakan provinsi dengan potensi kesenian yang bisa diandalkan.

“ Dengan adanya upaya peningkatan kapasitas para pelaku seni. maka nantinya Sumbar bisa lebih dikenal oleh dunia,” katanya.
 Dia mengatakan banyak hal positif yang bisa didapatkan  daerah dengan majunya seni dan kebudayaan, salah satunya sektor ekonomi masyarakat.

Supardi menyampaikan, Kemah Seniman Sumatera Barat 2021 adalah kali pertama diadakan di Kota Payakumbuh. Dalam perjalanannya, kegiatan serupa sudah terlaksana rutin semenjak tahun 2004.

 

<address style="\\&quot;text-align:" justify;\\"=""> "Harapannya, kedepan, Kemah Seniman Sumatera Barat dapat melahirkan seniman seniman hebat yang mampu mengangkat nama Sumbar ke tingkat nasional," ujar Ketua DPRD. (03)