Sekretariat DPRD Sumbar Luncurkan Aplikasi KUBE dan ASIK Pada Hari Jadi Provinsi

Kamis, 30 September 2021 | 11:07:16 WIB   49

PADANG,- Pada momentum Paripurna  Hari Jadi Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang jatuh pada 1 Oktober mendatang, sekretariat DPRD Sumbar akan meluncurkan aplikasi KUBE (Kumpulan berita) dan ASIK (Aspirasi Publik).

Dua aplikasi tersebut merupakan bentuk inovasi sekretariat, untuk menunjang kinerja kedewanan yang memasuki era digitalisasi.

Sekretaris Dewan Raflis saat diwawancarai, Rabu (29/9), mengatakan KUBE dan ASIK nantinya tersedia pada google play store dan bisa didownload melalui  smartphone, KUBE merupakan aplikasi yang memuat  pemberitaan tentang kegiatan DPRD Sumbar secara kelembagaan hingga perorangan.

 Konten tersebut tentunya  mencakupi tugas pengawasan, penganggaran hingga legislasi.

“ Dengan adanya aplikasi tersebut, kinerja kehumasan terkait publikasi harus lebih optimal. Tidak hanya itu , inovasi dalam bidang kerja sangat dibutuhkan, karena telah memasuki era disrupsi 4.0  ,” katanya.

Sementara itu Asik, lanjut Raflis, merupakan aplikasi penerimaan aspirasi secara online, sehingga masyarakat bisa menyampaikan keluhan serta kebutuhan daerah melalui kanal digital itu.

“Jadi masyarakat tidak perlu lagi susah payah mendatangi gedung DPRD, jika tidak terlalu krusial bisa melalui aplikasi saja. Dengan aspirasi yang diterima dewan akan turun sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi),” katanya.

Dia mengatakan, Sekretariat DPRD Sumbar merupakan satu-satunya OPD yang telah memiliki aplikasi itu, sesuai dengan arahan gubernur untuk meningkatkan inovasi berbasis digital.

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tentang tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, sekretariat mesti mensukseskan kinerja unsur pemerintahan daerah  yang terdiri dari DPRD dan Gubernur.

“ Kedepan dengan adanya Aplikasi itu, kinerja dewan akan lebih efektif dalam menerima aspirasi,” katanya.

Dia menjelaskan dua aplikasi ini telah dipersiapkan dari setahun lalu namun karena ada beberapa persiapan yang mesti dimatangkan, maka dipilihkan pada 1 Oktober 2021 kanal digital diluncurkan (03)