Tutup Bimtek PSM, Ketua DPRD Sumbar Supardi : Mereka Harus Jadi Garda Terdepan Tampung Persoalan Masyarakat

Minggu, 26 September 2021 | 15:27:23 WIB   43

BUKITTINGGI,- Ketua DPRD Sumbar Supardi, menutup secara resmi bimbingan teknis (bimtek) Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) angkatan kedua, di Hotel Pusako Bukittinggi, Sabtu (25/9). Dengan diadakan bimtek Supardi berharap, PSM bisa menjadi garda terdepan dalam menampung persoalan sosial yang dihadapi masyarakat.

" Untuk pelatihan ini,  kita meningkatkan kapasitas PSM yang mengabdi untuk Kabupaten Limapuluhkota. Kedepan PSM harus bekerja lebih optimal untuk menjadi tempat mengadu pertama masyarakat, " katanya.

Dia mengatakan, para PSM bekerja sukarela terhadap masyarakat, pengabdianya harus diperhatikan oleh pemerintah sehingga tugas mereka bisa berjalan optimal. Dengan diberikan bimtek selama tiga hari, bisa menjadi motivasi bagi mereka agar meringankan beban masyarakat dalam masa pandemi.

Supardi menargetkan, PSM Kabupaten Limapuluhkota bisa menjadi pelopor dan percontohan Di Provinsi Sumatera Barat. Dalam kondisi sulit seperti sekarang,  PSM mesti menjadi pemberi solusi agar masyarakat tidak terlalu terbebani.
Mereka harus berkolaborasi dengan unsur pemerintah terendah,  seperti wali nagari dan jorong.  

" Dengan adanya hal tersebut, maka pemetaan persoalan masyarakat akan mudah dilaksanakan," katanya.

Pada kesempatan penutupan itu,  Ketua DPRD Sumbar didampingi oleh ketua Ikatan  Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Sumbar Abenk. Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang diwakili oleh Kasi Sosial Sampurno dan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Limapuluhkota Refnita. (03)