Paguyuban Warga Sunda Berkunjung ke DPRD Sumbar

Pertemuan DPRD Sumbar dengan Paguyuban Warga Sunda, Jumat (17/9/2021). (01)
PADANG- Paguyuban Warga Sunda (PWS), yang merupakan persatuan masyarakat perantau suku Sunda yang berdomisili di Sumatera Barat berkunjung ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Jumat (17/9/2021).
 
Diterima Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Irsyad Syafar bersama beberapa orang anggota DPRD, Pengurus PWS menyampaikan aspirasi dan berbagai program kerja perkumpulan mereka, serta berharap mendapat dukungan dari DPRD dan pemerintah provinsi. 
 
Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Irsyad Syafar menyampaikan apresiasi atas kontribusi masyarakat perantau suku Sunda dalam pembangunan daerah. Meskipun sebagai perantau, namun sudah menjadi bagian dari masyarakat Sumatera Barat, sama seperti suku-suku lainnya yang berdomisili di Ranah Minang. 
 
"Perantau suku Sunda, sama dengan perantau lainnya yang datang dan berdomisili di Sumatera Barat merupakan bagian dari masyarakat. Kami mengapresiasi atas kontribusi yang telah diberikan dalam pembangunan daerah," kata Irsyad. 
 
Irsyad berharap, ke depan PWS sebagai perkumpulan masyarakat suku Sunda dapat semakin berperan dalam berbagai bidang.
 
Wakil Ketua PW Sumbar Aminuddin Supriyadi dalam kesempatan itu menuturkan, saat ini ada ribuan keluarga yang berasal dari suku Sunda (Jawa Barat dan Banten) yang berdomisili di Sumatera Barat.
 
"Mereka menggeluti beragam profesi baik di sektor swasta maupun sebagai akademisi dan pegawai pemerintah. Pada sektor swasta ada yang menjadi pelaku UMKM, pedagang, pengrajin, petani dan sebagainya," ujarnya.
 
Melalui pertemuan itu, Aminuddin berharap PWS mendapatkan dukungan dari pemprov Sumatera Barat untuk menjalankan program kerja dan pemberdayaan masyarakat. 
 
"Sebagai bagian dari masyarakat, kami juga ingin memberikan kontribusi lebih besar lagi kepada Sumatera Barat. Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung," ucapnya.
 
Dalam pertemuan yang juga dihadiri oleh sesepuh warga suku Sunda, Otong Rosadi itu, diungkap juga bahwa PWS telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kesbangpol Linmas Provinsi Sumbar. Dalam waktu dekat, akan melakukan pelantikan kepengurusan baru. 
 
Aminuddin juga menyampaikan rencana akan memberikan gelar kehormatan kepada Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi, seperti dulu juga diberikan kepada Gamawan Fauzi dan Irwan Prayitno sebagai gubernur. PWS juga mengajak anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat menjadi warga kehormatan PWS. 01