Ringankan Beban Masyarakat Terdampak Covid-19. Ketua DPRD Sumbar Gelar Pasar Murah Di Kota Payakumbuh

 

 
PAYAKUMBUH, - Gelar pasar murah di empat kelurahan Kota Payakumbuh, Ketua DPRD Sumbar Supardi, tegaskan penanganan pandemi Covid-19 harus diiringi dengan upaya pemulihan ekonomi masyarakat.
 
Supardi saat diwawancarai, Minggu (22/8) mengatakan, kondisi masyarakat saat pandemi mengalami serba kekurangan, apalagi Di Kota Payakumbuh dimana perputaran ekonominya sangat dipengaruhi oleh usaha kuliner dan UMKM.
 
Untuk sekarang, imbuhnya, dua bidang usaha tersebut berjalan tidak sempurna, bahkan ada yang mati. Semua sektor terdampak Di Kota Payakumbuh, hal itu diperburuk dengan tingginya angka pengangguran serta perputaran ekonomi yang jalan ditempat 
 
" Kondisi seperti ini tidak hanya terjadi di Kota Payakumbuh, namun hampir merata di seluruh Provinsi Sumatera Barat," katanya. 
 
Dia mengatakan pasar murah yang digagasnya bersama Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat, merupakan upaya pemulihan ekonomi yang dimulai dari  tingkat kelurahan dengan mengandeng warga setempat. 
 
Dalam pasar murah itu, masyarakat dapat membeli kebutuhan pokok dengan harga terjangkau, misalnya pada pasar konvensional harga beras Rp 200 ribu, maka di pasar murah dapat dibeli dengan harga Rp 100 ribu. 
 
Meski upaya bantuan ini bersifat jangka pendek, namun masyarakat mengapresiasi karena telah diberikan solusi untuk pemenuhan kebutuhan pokok harian.
 
Dia menambahkan, meski unsur penyelenggara pemerintahan daerah provinsi yang terdiri dari DPRD dan Pemerintah provinsi diterpa sejumlah persoalan, namun kinerja dalam penanganan Covid-19 harus tetap berjalan. 
 
Hal tersebut dibuktikan dengan penyelenggaraan pasar murah Di Kota Payakumbuh yang digagas Ketua DPRD Sumbar dan Dinas Pangan.
 
" Penanganan Covid-19, jangan fokus terhadap melawan virusnya saja,  namun juga memulihkan kembali ekonomi, " tegasnya.
 
Dia merincikan empat kelurahan yang diadakan pasar murah tersebut adalah  Kelurahan Tiakar, Kelurahan Napar, Kelurahan Ompang Ranah Sirah, Kelurahan Taratak Padang Kampuang. 
 
Pada kesempatan meninjau jalannya pasar murah, Ketua DPRD Sumbar Supardi didampingi Kepala Dinas (Kadis) pangan Kota Payakumbuh Edvidel arda,  Musrizal Dinas Pangan Provinsi Sumbar, Husin Kepala Bagian (Kabag) persidangan Sekretariat DPRD Sumbar serta tenaga ahli DPRD Sumbar Murdani.
 
Dalam seluruh kesempatan pertemuan dengan masyarakat, Supardi juga mengimbau agar tetap menjaga kerukunan dan ketertiban. Serta tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam masa pandemi Covid-19.
 
“Masa pandemi Covid-19 belum berakhir. Tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan agar tidak terpapar virus corona serta memutus mata rantai penyebarannya,” tandas Supardi.
 
Sementara itu Salmida salah seorang masyarakat mengatakan, sangat berterimakasih pada ketua DPRD Sumbar Supardi, karena sangat respon dengan kondisi masyarakat saat ini.
 
"Kami sangat berterimakasih pada pak ketua DPRD Sumbar, karena sudah sangat peduli, apa lagi tadi bapak minta agar pemerintah kabupaten/kota agar terus menggelar acara seperti ini secara rutin ini sangat menolong kami dimasa sulit sekarang," ulas Salmida.
 

Dia juga mengatakan, acara pasar murah dan pembagian sembako bukan baru kali ini dilakukan Supardi, tapi sudah sering dan berulang kali, sehingga menjadi catatan pengabdian dari masyarakat, untuk ketua DPRD Sumbar. (03)

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 

<p justify;\\"="" style="text-align: justify;">