Awali Tugas, Pj Gubernur Silaturahim ke DPRD Sumbar

Jumat, 19 Februari 2021 | 20:13:31 WIB   22

PADANG - Mengawali tugas sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Hamdani langsung menemui pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi, Jumat (19/2/2021). Hamdani dilantik sebagai Pj Gubernur Sumbar oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) kemarin (Kamis, 18/2/2021). Staf ahli Mendagri Bidang Ekonomi dan Pembangunan itu akan melaksanakan tugas hingga pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih.
 
Diterima Ketua DPRD Provinsi Sumbar Supardi didampingi Sekretaris DPRD, Raflis, Hamdani menyampaikan, kunjungan itu adalah dalam rangka silaturahim mengawali tugasnya di Sumbar.
 
"Mengawali tugas saya di Sumbar, tentunya ini merupakan kunjungan silaturahim. Namun sekaligus dalam rangka membangun komunikasi dan koordinasi dengan lembaga DPRD sebagai sesama unsur penyelenggara pemerintahan daerah," sebut Hamdani.
 
Mengisi kekosongan pimpinan daerah menjelang gubernur dan wakil gubernur dilantik, Hamdani memohon dukungan dari DPRD untuk dapat menjalankan tugas dengan baik. Sumbang saran DPRD akan sangat menentukan keberhasilan tugasnya di Sumbar sebagai penjabat gubernur yang ditugaskan oleh Mendagri. 
 
Menurutnya, beberapa hal yang menjadi prioritas adalah pertama sekali mengenai penanganan Covid-19 yang harus terus berjalan secara maksimal. Masa transisi kepemimpinan tidak boleh membuat lengah dalam penanganan pandemi karena menyangkut keselamatan masyarakat.
 
Selain itu, juga mengenai persiapan pelantikan gubernur dan wakil gubernur. Termasuk juga mengkoordinasikan prosesi pelantikan kepala daerah kabupaten dan kota yang rencananya akan dilaksanakan pada akhir Februari mendatang.
 
Dia menegaskan, untuk mengoptimalkan penyelenggaraan pemerintahan daerah membutuhkan sinergi yang kuat antara kepala daerah dan DPRD. Untuk itu, komunikasi yang baik dan hubungan kemitraan yang harmonis sangat menentukan keberhasilan pembangunan.
 
Menerima kedatangan Pj gubernur, Ketua DPRD Provinsi Sumbar Supardi menyampaikan beberapa hal. Pertama sekali adalah bahwa KPU telah menyampaikan penetapan hasil pemilihan gubernur dan wakil gubernur ke DPRD. Hal itu merupakan sebuah kemajuan dalam tahapan suksesi kepemimpinan Sumbar.
 
"DPRD mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas di Sumbar kepada Pj gubernur. Pertama dapat kami sampaikan bahwa KPU telah menetapkan hasil Pilgub 2020 dan telah menyampaikan ke DPRD dan selanjutnya akan kami sampaikan ke Mendagri," katanya.
 
Kemudian, Supardi mengungkapkan bahwa ke depan Sumbar akan menghadapi tantangan yang tidak mudah. Pandemi Covid-19 yang melanda telah memberikan dampak besar dalam pembangunan daerah dan perekonomian masyarakat. 
 
"Menghadapi tantangan itu, sinergi antara DPRD dan pemerintah daerah sangat menentukan. Ditambah dukungan dari pemerintah pusat dan seluruh masyarakat untuk bersama-sama bangkit dari keterpurukan akibat pandemi," ucapnya. 
 
Menurut Supardi, hubungan antara legislatif dan eksekutif di pemerintahan daerah provinsi Sumatera Barat selama ini telah berjalan cukup baik. Dia merespon positif kedatangan Pj gubernur di awal hari bertugas sebagai sebuah upaya melanjutkan keharmonisan yang telah terbangun selama ini, dan berharap nanti bisa dilanjutkan oleh gubernur dan wakil gubernur terpilih setelah dilantik oleh presiden. 
 
Supardi berharap, Hamdani dapat menjalankan roda pemerintahan provinsi Sumbar di masa transisi dengan baik dan sukses. Serta memberikan kontribusi yang besar dalam rangka perubahan ke arah yang lebih baik untuk dilanjutkan oleh kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih. 01

Share on:

Pengumuman

Kamis, 23 Juli 2020 | 10:56:51 WIB

Maklumat pelayanan informasi publik ..


Kamis, 12 April 2018 | 09:22:45 WIB

Maklumat Sekretariat DPRD Provinsi..


Download

Artikel Terbaru