Gamawan Fauzi urai lima potensi Sumbar untuk maju

Kamis, 01 Oktober 2020 | 22:39:31 WIB   62

Mantan Menteri Dalam Negeri  Gamawan Fauzi saat Rapat Paripurna Istimewa HUT Sumatera Barat ke-75 di Padang, Kamis menyebutkan ada lima potensi Sumatera Barat yang dapat dimaksimalkan untuk meraih kemajuan.
 
"Allah itu maha adil, Sumbar dianegerahi kelebihan yang dapat dioptimalkan meraih kemajuan, kesejahteraan, dan kebahagiaan masyarakat Sumbar. Kita perlu menggali dan mencermati potensi itu," ujar mantan Gubernur Sumbar tersebut
 
Potensi pertama adalah pariwisata yang dimiliki oleh daerah itu sangat indah yang harus dikembangkan dengan sungguh-sungguh terencana dan terprogram dengan baik sehingga memberikan sumbangan ke daerah.
 
Sumatera Barat dapat memilih arah pengembangan pariwisata kemana apakah wisata keluarga, wisata religi, wisata alam atau wisata kuliner.
 
 
 
"Kita memiliki kekuatan untuk lebih dari daerah lain asalkan benar-bena terencana  dan penyiapan infrastruktur dapat disiapkan pemerintah maupun investor lokal maupun nasional," kata dia.
 
 
 
Ia mengatakan ada kekhawatiran objek wisata rusak karena konsep pembangunan yang tidak jelas dan tidak tuntas di setiap objek wisata.
 
 
 
"Ini memerlukan perhatian dan pengawasan karena memperbaiki tidaklah mudah dan jika dibiarkan akan banyak kerusakan," katanya.
 
 
 
Kedua bidang pendidikan, sejak dulu daerah ini terkenal dengan sejumlah sekolah ternama yang banyak menghasilkan ulama besar, pemikir besar  guru, pendidik yang tersebar di Indonesia.
 
Ini mungkin dapat digerakkan untuk membangun sekolah berkualitas hingga orang yang ingin bersekolah datang ke Sumbar
 
 
 
"Untuk itu dibangun desain besar rencana jangla panjang untuk 25 tahun ke depan," kata dia.
 
Ketiga Sumbar sebagai tempat berobat, menurut dia ini merupakan kekuatan karena Fakultas Kedokteran Unand salah satu yang terbaik di Pulau Sumatera yang memiliki guru besar, para ahli, spesialis dan lainnya.
 
 
 
"Jika kita mampu dan mau memberikan kemudahan kepada investor membangun rumah sakit khusus dan pusat perawatan akan menjadikan Sumbar sebagai tempat berobat," kata dia.
 
Keempat bidang pertanian yang menjadi mata pencaharian bagi 50 persen warga Sumbar. 
 
Petani di Sumbar sebagian besar petani sawah dan perkebunan campuran kecil yang bersifat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja namun belum untuk meningkatkan kesejahteraan.
 
 
Sudah saatnya mengembangkan komoditi tertentu dan varietas padi bernilai jual tinggi seperti beras basmati yang dapat ditanam di ketinggian 600 hingga 700 meter di atas permukaan laut.
 
Selain itu pengembangan makanan khas seperti Tandang dengan berbagai rasa, Dendeng dengan berbagai versinya atau sate padang.
 
Apalagi saat ini makanan kemasan dari Sumbar begitu bergairah dan perlu ditingkatkan dengan kreatifitas, inovasi dan imajinasi
 
 
 
Terakhir bidang keagamaan, agama merupakan pondasi kuat dalam sendi kehidupan masyarakat Minangkabau dan agam merupakan hal yang sangat penting dan mendasar sehingga filosofi Adat Basandi Syara, Syara Basandi Kitabullah (ABS-SBK).
 
Filosofi itu tercermin dalam kehidupan bermasyarakat dan perlu dibangun terus berlandaskan ajaran islam. 
 
Aktifitas keagamaan seperi pengajian, madrasah, pendidikan keagamaan perlu didorang lebih maju 
 
"Bukan sesuatu yang berlebihan jika sekolah agama berkualitas tumbuh di Sumatera Barat. Jumlah sekolah agama yang banyak harus diikuti dengan kualitas yang baik,"tutupnya. (Pub/02)

Share on:

Pengumuman

Kamis, 23 Juli 2020 | 10:56:51 WIB

Maklumat pelayanan informasi publik ..


Kamis, 12 April 2018 | 09:22:45 WIB

Maklumat Sekretariat DPRD Provinsi..


Download

Artikel Terbaru