Komisi I DPRD Sumbar Sorot Peternakan Air Runding.

PASAMANBARAT,- Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Syamsul Bahri lakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke UPT Peternakan Sapi Air Runding, Selasa (9/6).

 

Sidak dilakukan politisi PDI Perjuangan ini terkait banyaknya dia menerima aspirasi publik soal kondisi kekinian UPT milik Pemprov Sumbar itu.

 

“Ternyata faktanya memang sesuai yang disampaikan masyarakat, pengelolaan UPT Peternakan sangat buruk,”ujar Syamsul Bahri.

 

Dia mengatakan ada 10 ASN serta Ada 20 tenaga harian lepas dan 4 Satpam yang bertugas mengelola UPT tersebut.

 

“Saat saya ke Air Runding, cuman lima ASN yang masuk dan kepala UPT nya hanya sekitar 3 hari sebulan masuk kantor,”ujar Syamsul Bahri.

 

Dia meminta pengeloaan UPT tersebut, harus dilakukan oleh orang yang mau bekerja keras, sehingga salah satu aset Sumbar ini, berjalan dengan optimal.

 

Dia menjabarkan sejak dibuka 2013 lalu dengan sapi 400 ekor, sudah 7 tahun sapinya mesih tetap 400 ekor, hal tersebut menjadi sorotan DPRD.

 

“Dengan sapi 400 ekor itu setiap tahun teori kembangbiaknya bisa 200 ekor satu tahun, dikali tujuh tahun mestinya hari ini sudah 1400 ekor sapi di UPT ini,”ujarnya.

 

Syamsul Bahri mengungkapkan akan membawa ini pada rapat kerja dengan Pemprov Sumbar.

 

“Kalau tidak serius sebaiknya dikelola saja oleh pihak ketiga saja,”ujar Syamsul Bahri. (03)