Tuan Rumah MTQ Nasional. Sumbar Jangan Jadi Penonton

PADANG,- Sekretaris Komisi V DPRD Sumbar, Syahrul Furqan meminta Pemprov melalui pihak terkait menyiapkan kafilah yang akan bertanding di helatan MTQ Nasional 2020 dengan maksimal. Seperti diketahui Sumbar ditunjuk menjadi tuan rumah pada gelaran MTQ 2020 yang akan dilaksanakan Agustus mendatang.
 
Disampaikan Syahrul, Sumbar jangan sampai jadi penonton di rumah sendiri saat MTQ tingkat nasional ini digelar, namun ia berharap kafilah Sumbar mampu mengukir prestasi yang akan mengharumkan nama daerah.
 
"Untuk itu kami minta Pemprov melalui OPD terkait dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) menyiapkan dengan matang SDM kita yang akan ikut perlombaaan di MTQ 2020 tersebut," ujar Syahrul Furqan diwowancarai, Rabu (12/2)
 
Ia menambahkan, untuk kafilah atau qori qoriah yang akan bertanding hendaknya mereka yang ditunjuk adalah putra putri daerah, hal ini ia sampaikan karena sebelumnya sempat mencuat informasi kalau pihak LPTQ mendatangkan kafilah impor untuk bertanding di MTQ 2020.
 
"Impor ini sebetulnya mungkin boleh, tapi kondisinya bukan impor murni, impor anak-anak Sumatera Barat yang ada di rantau dan punya kemampuan, kalau seperti itu mungkin boleh," tukasnya.
 
Lebih lanjut ia menyampaikan, karena Sumbar merupakan penyelenggara DPRD menginginkan hasil yang diperoleh kafilah Sumbar di MTQ nasional adalah, bisa menjadi yang terbaik.
 
"Kita ingin yang terbaik tanpa mengangkangi nilai-nilai yang ada. Sebab bagaimanapun MTQ ini bukan sekedar ajang perlombaan saja namun konsep religius dan nilai-nilai yang baik harus diterapkan dalam setiap prosesnya," tutup Syahrul. 
 
Sebelumnya, Anggota Komisi V DPRD Sumbar Nofrizon juga mengatakan, di MTQ 2020 yang segera digelar, kontingen hendaknya harus diisi dengan kafilah yang merupakan putra daerah. "Jangan sampai diambilkan dari daerah lain hanya demi mewujudkan prestasi yang instan," tegasnya. (03)