Sekretariat DPRD Sumbar, OPD Teknis Informasi Terbaik.

PADANG, - Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)  Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), menjadi organisasi perangkat daerah (opd) teknis terbaik dalam hal keterbukaan informasi. Penobatan  tersebut didapatkan dalam perhelatan Anugrah Keterbukaan Informasi yang dilaksanakan, Jumat (6/12) di Hotel Kryad Bumiminang Padang. 
 
Sekretaris Dewan Raflis saat ditemui awak media usai menerima penghargaan mengatakan,  capaian ini, menjadi acuan dalam mendukung keterbukaan informasi,  secara teknis sistem keterbukaan informasi DPRD Sumbar menjadi yang terbaik dari opd lain. Proses keterbukaan juga melibatkan media cetak dan elektronik. 
 
" Keterbukaan informasi merupakan amanat dari Undang-Undang, hal itu harus didukung oleh seluruh pihak, " katanya.
 
Dia mengatakan keterbukaan informasi merupakan salah satu unsur untuk menegakan demokrasi, oleh sebab itu pemerintah harus menyunjung tinggi transparansi dalam menerapakan program maupun kebijakan. 
 
Dia menuturkan, Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang  Keterbukaan Informasi Publik bertujuan agar masyarakat dapat mengetahui segala hal yang dikerjakan penyelenggara negara baik eksekutif, legislatif dan yudikatif. 
 
Selain Sekretariat DPRD Sumbar, dua anggota DPRD juga mendapat penghargaan Achievement Motivation Person (AMP) yang ditujukan terhadap insan pemberi motivasi pada keterbukaan informasi.
 
Dua orang anggota DPRD Sumbar penerima anugrah AMP tersebut H.M.Nurnas sekretaris komisi I dan Afrizal ketua komisi III. 
 
Dinilai Komisi Informasi (KI) Sumbar, dua orang itu merupakan sosok yang selalu mendukung serta memberi motivasi pada lembaga KI. 
 
Berkaitan dengan penerimaan anugrah keterbukaan informasi Raflis mengatakan, pencapaian ini didapatkan kerjasama antar staf dan pimpinan
 
"Untuk meraih pencapaian lebih tinggi di bidang keterbukaan informasi,  sekretariat akan meperbaiki semua sistem informasi," terang Raflis. (03)