Anugerah Keterbukaan Informasi, Sekretaris DPRD Sumbar Presentasi Pengelolaan Informasi Publik

Rabu, 11 November 2020 | 13:28:24 WIB   42

PADANG - Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat mempresentasikan pengelolaan informasi publik di hadapan panelis penilaian Anugerah Keterbukaan Informasi, Rabu (11/11/2020).

Presentasi tersebut menurut Ketua Monitoring dan Evaluasi Komisi Informasi Sumatera Barat Tanti Endang Lestari merupakan penilaian tahap akhir untuk menentukan organisasi pemerintah daerah dan badan publik yang berhak menerima anugerah tersebut.

Dalam presentasi yang digelar di salah satu hotel di Padang itu, Raflis memaparkan, keterbukaan informasi merupakan upaya untuk mewujudkan penyelenggaraan organisasi pemerintahan daerah yang transparan.

Dalam hal upaya transparansi tersebut, kata Raflis, DPRD memiliki berbagai inovasi untuk secara terbuka dalam penyediaan dan penyebarluasan informasi. Sehingga, informasi yang menjadi hak masyarakat di DPRD dapat dengan mudah diakses dan diketahui masyarakat.

"Sedikitnya, ada delapan inovasi yang telah kami kembangkan di DPRD untuk memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat. Sehingga, seluruh informasi publik dapat diakses dengan mudah. Termasuk juga melalui pemanfaatan media sosial," kata Raflis.

Kepada masyarakat yang meminta akses langsung informasi publik yang dibutuhkan, sekretariat DPRD telah menata alur permohonan sedemikian rupa sehingga tidak menyulitkan pemohon informasi. Selain itu, juga disediakan ruang secara dalam jaringan bagi masyarakat melalui situs resmi DPRD.

"Secara informasi berbagai kegiatan, kami juga memberikan akses yang mudah bagi kawan - kawan media untuk meliput. Selain itu, informasinya juga disajikan di website DPRD," katanya.

Raflis menegaskan, keterbukaan informasi sudah merupakan keniscayaan dalam penyelenggaraan pemerintahan. Dengan begitu, memberikan ruang kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih.

Panelis dalam presentasi tersebut, antara lain Muhammad Arif Yumardi dan Adrian Tuswandi dari KI Sumatera Barat dan Eka Vidya Putra serta Syamsurizaldi dari Akademisi. *Humas.(dprd.sumbarprov.go.id)

Share on:

Pengumuman

Kamis, 23 Juli 2020 | 10:56:51 WIB

Maklumat pelayanan informasi publik ..


Kamis, 12 April 2018 | 09:22:45 WIB

Maklumat Sekretariat DPRD Provinsi..


Download

Artikel Terbaru