DPRD Sumbar tunggu SK pimpinan definitif dari Kemendagri

Suasana rapat paripurna DPRD Sumbar

Wakil Ketua DPRD Sumatera Barat sementara Irsyad Syafar mengatakan pihaknya masih menunggu surat keputusan (SK) penetapan pimpinan definitif DPRD Sumbar periode 2019-2024.

 

"Hingga siang ini SK tersebut belum turun dan kami masih menunggu," katanya.

 

Menurut politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut apabila SK penetapan itu turun selepas Jumat nanti maka rapat paripurna dapat dilakukan sore nanti. 

 

Ia mengatakan kondisi ruangan sidang paripurna saat ini sudah bersih setelah terjadi perusakan oleh mahasiswa saat unjuk rasa di gedung tersebut pada Rabu (25/9).

 

"Kalau surat itu datang maka kita laksanakan paripurna dengan alat seadanya mungkin dengan mik manual," kata dia.

 

Menurut dia selepas aksi perusakan, anggota dewan tetap mendatangi gedung DPRD Sumbar sesuai dengan agenda di fraksi masing-masing.

 

"Anggota dewan tetap datang ke DPRD Sumbar dan saat ini masih menunggu SK dari Kemendagri," katanya.

 

Sementara itu sejak Jumat pagi seluruh staf Sekretariat DPRD Sumatera Barat tetap beraktifitas seperti biasanya.

 

Pada hari sebelumnya Kamis (26/9) seluruh staf dan petugas kebersihan DPRD Sumbar bergotong royong membersihkan gedung tersebut 

 

Mulai dari membersihkan ruang sidang utama yang mengalami kerusakan cukup parah, bersihkan puing-puing kaca, tulisan tak senonoh di kaca dan lainnya.

 

Sekretaris DPRD Sumatera Barat Raflis mengatakan gedung DPRD Sumbar siap digunakan untuk paripurna setelah pihaknya membersihkan gedung tersebut.

 

"Setelah diperbolehkan oleh petugas kepolisian kita bersihkan gedung dan siap melaksanakan paripurna," katanya.