2022, DPRD Fokus Kawal RPJMD dan Progul Gubernur

DPRD Sumbar menyatakan komit untuk mengawal  program-program yang dijalankan pemerintah provinsi  guna menunjang suksesnya penyelenggaraan pemerintahan daerah di tahun 2022 sekarang. 

Ketua DPRD Sumbar, Supardi mengatakan tahun 2022 adalah tahun pertama pelaksanaan RPJMD 2021-2026 dan sejumlah program unggulan  yang diusung Gubernur Mahyeldi dan Wakil Gubernur Audy. 
Karena program prioritas yang ada di RPJMD dan di progul sudah menjadi tanggung jawab bersama, imbuh Supardi, DPRD akan mengawal agar pelaksanaannya berjalan optimal.
 
“Untuk RPJMD dan Progul ini, dia tidak lagi merupakan visi misinya gubernur, tapi sudah menjadi program prioritas Pemerintah Provinsi Sumbar termasuk DPRD, sehingga kita akan kawal itu,” ujar Supardi saat diwawancarai awak media, Selasa (11/1). 
Lebih lanjut mengatakan, di tahun sekarang DPRD juga akan fokus mengawal agar Sumbar bisa lebih mandiri, dan punya konektivitas hubungan yang bagus dengan pemerintah pusat. Hal ini mengingat kondisi APBD Sumbar yang terbatas,  sehingga sangat dibutuhkan dukungan APBN untuk mensuport pembangunan di Sumbar, baik itu untuk masalah ekonomi, infrastruktur dan lain sebagainya.
“Kemudian kita juga akan mengawal, bagaimana pendapatan daerah bisa naik tanpa harus membebani masyarakat,”ujar Supardi.

Artinya di sini, sambung Politisi Gerindra tersebut DPRD akan mengawal agar Pendapatan  Asli Daerah (PAD) tidak hanya bertumpu pada pajak kendaraan bermotor, tapi juga bisa dengan mengali sektor-sektor lain, seperti memanfaatkan aset-aset idol yang cukup banyak,  salah satunya dengan bekerja sama dengan pihak ketiga.