DPRD Sumbar bersama Pemprov dengar usulan Forkopimda untuk RPJMD

Ketua DPRD Sumbar Supardi memimpin rapat pembahasan RPJMD 2021-2026

DPRD Sumatera Barat melibatkan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dalam membahas Ranperda Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

 

Ketua DPRD Sumatera Barat Supardi mengatakan rapat ini pertama kali dilakukan untuk menampung usulan pemangku kebijakan masuk dalam RPJMD 2021-2026 selepas rapat pembahasan di gedung DPRD Sumbar di Padang, Senin.

 

"Masukan tersebut nantinya akan dibahas bersama oleh DPRD Sumbar dengan Pemprov Sumbar," kata dia.

 

Menurut dia beragam masukan tadi cukup menarik mulai dari Danlanud Sutan Sjahrir yang menawarkan pembangunan shelter di lahan milik mereka di kawasan Tabing.

 

Mereka memiliki lahan yang seluas 200 hektare dengan lokasi strategis di pusat kota, lahan tersebut produktif namun tidak dikeloa dan diusulkan agar dibangun shelter ketika terjadi bencana gempa bumi dan tsunami.

 

"Kawasan tersebut padat dan jalur evakuasi cukup minim sehingga perlu dibangun shelter di lokasi tersebut. Kita apresiasi hal tersebut, selain itu Danlanud juga akan membangun lapangan pacuan kuda internasional, bumi perkemahan dan lainnya yang akan meningkatkan pariwisata di Sumbar," kata dia.

 

Selain itu masukan dari perwakilan Kajati terkait program pembinaan masyarakat agar sadar dan patuh hukum yang perlu dianggarkan di APBD Sumbar.

 

"Hal seperti ini tentu perlu ditindaklanjuti agar dapat dilaksanakan dengan cara menjalin sinergi dengan kejaksaan, TNI dan Polri agar masyarakat taat hukum dan peraturan daerah," kata dia.

 

Sementara itu Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah mengatakan fokus RPJMD adalah merealisasikan visi misi yang dibuat kepala daerah.

 

Pembahasan visi misi dan program unggulan ini tidak dapat diselesaikan dalam sehari atau dua hari namun pembahasan secara berkelanjutan.

 

"RPJMD ini nantinya akan didalami oleh DPRD bersama OPD terkait sehingga menghasilkan program kerja jangka menengah daerah," pungkasnya. (Pub /02)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

<p style="\\\\&quot;margin:" 0px;="" font-stretch:="" normal;="" font-size:="" 24px;="" line-height:="" font-family:="" helvetica;="" min-height:="" 29px;\\\\"="">