Nurkhalis : Pertanian Jadi Sektor Strategis Menunjang Target PE 2021

Senin, 11 Januari 2021 | 10:02:40 WIB   27

PADANG,- Pertanian, akan menjadi sektor strategis dalam menunjang Pertumbuhan Ekonomi (PE) provinsi Sumatera Barat (Sumbar) pada tahun 2021. Untuk itu, seluruh program dan kegiatan sektor ini, harus berjalan optimal.

 

Sekretaris Komisi II DPRD Sumbar Nurkhalis Datuak Rajo Dirajo, saat ditemui, Jumat (8/1) mengatakan, saat pandemi Covid-19 melanda, PE Sumbar masih tetap di atas rata-rata nasional, hal tersebut dipengaruhi oleh sektor pertanian yang produktif menghasilkan PAD.

 

Setiap tahun,lanjutnya, pertanian selalu mempengaruhi 23 persen PE provinsi, sehingga harus mendapatkan perhatian dari pemerintah provinsi.

 

“ Untuk tahun 2021, pengalihan anggaran untuk penanggulangan Covid-19 tidak sebesar tahun lalu, fokus pemerintah adalah memulihkan kembali ekonomi daerah,” katanya.

 

Dia mengatakan dana pokok pikiran (pokir) dewan  sadah bisa digunakan optimal untuk pengembangan sektor potensial, salah satunya adalah pertanian. Dalam proses pelaksanaan OPD harus bekerja optimal, baik secara pendampingan dan program.

 

Dari karakteristik daerah, katanya, masyarakat Sumbar 30 persen menggantungkan hidup pada pertanian dan perkebunan, pada tahun lalu masyarakat cukup kesulitan dalam pendistribusian hasil panen, khusus untuk gabah memang menurun, namun tidak terlalu anjlok saat pandemi melanda.

 

“Dilihat dari Basis Data Nilai Tukar Petani (NTP) tahun 2020, sektor perkebunan Sumbar memiliki nilai tinggi dibanding pangan (gabah), hal itu harus diperbaiki tahun ini,” katanya

 

Persoalan lain yang harus menjadi perhatian adalah, kesulitan petani untuk mendapatkan bibit maupun pupuk, pemerintah harus mengevaluasi hal tersebut, sehingga target pertumbuhan ekonomi yang ditetapkan gubernur dapat tercapai.   

 

Sebelumnya Ketua DPRD Sumbar Supardi meminta,  pemerintah provinsi memiliki program strategis untuk memenuhi target Pertumbuhan Ekonomi (PE) pada tahun 2021. Pada tahun tersebut, PE diharapkan mencapai 4,7 sampai dengan 5,7 persen. 

 

 

" Bagaimana upaya dan kebijakan untuk mencapai target itu. Pemerintah provinsi bersama dprd harus meningkatkan sinergitas demi kepentingan daerah," katanya. (03)

Share on:

Pengumuman

Kamis, 23 Juli 2020 | 10:56:51 WIB

Maklumat pelayanan informasi publik ..


Kamis, 12 April 2018 | 09:22:45 WIB

Maklumat Sekretariat DPRD Provinsi..


Download

Artikel Terbaru