Pada Pusat Kesehtan Kebutuhan APD Masih Tinggi

Senin, 18 Mei 2020 | 16:29:06 WIB   21

 
 
PAYAKUMBUH, - Ketua DPRD Sumbar Supardi mengungkapkan, penyaluran bantuan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga kesehatan masih menjadi fokus DPRD. Saat ini,  kebutuhan APD untuk sejumlah pusat kesehatan, seperti Rumah Sakit (RS),  Puskesmas dan Klinik masih tinggi. 
 
Hal tersebut diungkapkannya, saat memberikan bantuan ratusan APD kepada tenaga medis RSUD Dr. Adnaan WD Payakumbuh dan Inbu Sina Payakumbuh, baru-baru ini.
 
" Kebutuhan APD sangat tinggi pada masa pendemi corona seperti sekarang. Pihak RS sempat kewelahan untuk menyediakan sarana ini,  untuk itu pemerintah daerah harus berperan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, " katanya. 
 
 
Dia mengatakan persoalan ini harus menjadi perhatian bersama dalam mencegah penyebaran pandemi virus corona. Di sejumlah daerah, ada yang belum mengalokasikan anggaran untuk kebutuhan APD bagi tenaga kesehatan dalam bertugas memberikan pelayanan. 
 
 
Menurut dia, APD kualitas premium tentunya akan membuat tenaga medis nyaman dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Apalagi mereka berhadapan langsung dengan masyarakat, ada juga yang berstatus ODP tentu sangat riskan.
 
Salah satunya adalah fasilitas kesehatan kecil seperti klinik, puskesmas pembantu, puskesmas hingga rumah sakit yang bukan rujukan Covid-19. Menurut dia apabila warga mengalami sakit atau keluhan maka akan datang ke fasilitas kesehatan yang terdekat.
 
”APD harus ada di setiap fasilitas kesehatan yang ada saat ini. Agar jangan ada tenaga medis yang terjangkit,” katanya (03)

Share on:

Pengumuman

Kamis, 12 April 2018 | 09:22:45 WIB

Maklumat Sekretariat DPRD Provinsi..


Download

Artikel Terbaru