Kerjasama IKA UNAND dan DPRD Sumbar Hasilkan 4000 Hand Sanitizer

PADANG,- Ditengah ancaman virus Corona (Covid-19) yang manghatui masyarakat, berimbas kepada kelangkaan Alat Pelindung Diri (APD) salah satunya Hand Sanitezer (HS) .

Menyikapi hal tersebut, Anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumbar Syahrul Furqon melakukan kerjasama dengan sejumlah Fakultas di Universitas Andalas (Unand) untuk memproduksi HS. “ Keberadaan HS sangat sulit ditemui masyarakat. Jikapun ada, harga yang dipatok cukup tinggi. Di sisi lain  kondisi ekomoni cenderung menurun,” ujarnya saat dihubungi , Jumat (27/3).

Dia mengatakan dari kerjasama yang dilakukan dengan sejumlah Fakultas Unand. Mengahasilkan 4000 HS dan akan disumbangkan kepada masyarakat Sumbar bekerjasama dengan pemerintah provinsi (pemprov). Dewan yang juga pembina Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unand ini mengatakan, proses pengumpulan untuk memproduksi HS dilakukan selama tiga hari, sedangkan fakultas yang ikut andil diantaranya, kesehatan masyarakat, pertanian dan farmasi.

“ Untuk produksi sendiri dilakukan pada laboratorium Unand,” katanya. Dilanjutkannya hasil produksi yang mencapai 4000 bisa bertambah, karena bahan-bahan yang dipergunakan saat ini terbatas. Kerjasama Unand dan Pemprov mesti ditingkatkan agar meringgankan beban kebutuhan masyarakat akan APD yang lengkap.

“ Muara kerjasama ini, adalah untuk masyarakat. Pada masa sulit seperti sekarang sinergisitas mesti ditingkatkan Dia mengatakan secara simbolis beberapa HS telah diserkan oleh pihak IKA Unand ke Pemprov saat rapat koordinasi penanggulangan Covid-19 baru-baru ini.

Syahrul Furqon sebagai dewan provinsi menyerakan langsung kepada gubernur, pada momentun tersebut Sementara itu DPP IKA UNAND Peduli Dedi Prima mengatakan , untuk tahap pertama telah membagikan 4000 paket Hand Sanitizer pada masyarakat seperti di daerah Pasar Baru, Bank Nagari, DPRD Sumbar dan tempat-tempat terbuka Kota Padang Lebih lanjut dikatakan Dedi Prima Putra yang didampingi Hemizar pembuatan Hand Sanitizer dilakukan selama 2 hari oleh DPP IKA UNAND Dijelaskan juga Dedi Prima Putra untuk tahap kedua DPP IKA UNAND Peduli akan membagikan 8 ribu paket Hand Sanitizer pada masyarakat dilingkungan kampus Unand dan kota Padang. *(3)