Terima Kunjungan Komisi IV, Kota Padangpanjang Harapkan Dukungan Provinsi Sumbar

Rabu, 05 Februari 2020 | 21:03:44 WIB   183

Wakil Walikota Padangpanjang Asrul menyampaikan harapan mendapatkan dukungan dari pemerintah provinsi Sumatera Barat. Harapan itu disampaikan terkait sejumlah mega proyek yang tengah dikerjakan oleh kota Serambi Mekah tersebut, terutama untuk persiapan sebagai tuan rumah MTQ nasional tingkat Sumatera Barat dan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) mendatang. 
 
Harapan itu disampaikan oleh Asrul saat menerima kunjungan rombongan Komisi IV DPRD Provinsi Sumatera Barat, Rabu (5/2/2020) siang. Menurutnya, sejumlah mega proyek yang tengah dikerjakan di Padangpanjang adalah pembangunan Islamic Center, rencana pembangunan rest area, pengembangan pasar, pembangunan sport center serta peningkatan kawasan terminal Bukit Surungan.
 
"Selama ini, Kota Padangpanjang dengan luas wilayah yang hanya dua kecamatan memiliki anggaran daerah yang cukup. Namun, seiring pengembangan kota, kami saat ini tengah mengerjakan sejumlah proyek besar sehingga kami membutuhkan dukungan dari pemerintah provinsi," kata Asrul membuka perbincangan dengan rombongan komisi IV DPRD Sumatera Barat. 
 
Dia menyebutkan, Kota Padangpanjang akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) nasional tingkat Sumatera Barat pada tahun 2021. Sehingga, pembangunan Islamic Center harus dikebut. Menyoal Islamic Center, karena lahannya cukup luas, Pemko Padangpanjang menghibahkan sekitar satu hektare lahan untuk pembangunan Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK). 
 
Demikian juga, Padangpanjang akan menjadi tuan rumah bersama dengan Kabupaten Tanahdatar untuk gelaran Porprov Sumatera Barat tahun 2022. Pembangunan Sport Center serta fasilitas penunjang lainnya harus dikebut. Termasuk juga pengaspalan terminal Bukit Surungan yang rencananya akan dijadikan sebagai lokasi penyelenggaraan cabang olahraga balap motor. 
 
Asrul menambahkan, rencana revitalisasi rest area merupakan program Kota Padangpanjang untuk menjadikan kota Serambi Mekah tersebut bukan sekedar daerah lintasan tetapi juga menjadi destinasi. Dengan tersedianya rest area, maka orang yang datang berkunjung ke Sumatera Barat melewati Kota Padangpanjang bisa mampir dan menikmati suasana kota. Rest Area akan terkoneksi ke beberapa objek wisata yang ada di Kota Padangpanjang. 
 
"Jadi, kami ingin tidak sekedar daerah lintasan saja tetapi juga bertekad menjadi daerah destinasi karena kami juga punya potensi," ujarnya.
 
Kunjungan kerja Komisi IV DPRD Provinsi Sumatera Barat tersebut dipimpin Ketua Komisi, Muhammad Ikhbal bersama Wakil Ketua Komisi, Mesra dan Sekretaris Komisi, Lazuardi Erman. Hadir juga beberapa orang anggota komisi, antara lain Desrio Putra dan Sabar A. S. 
 
Wakil Walikota Padangpanjang, Asrul didamping Sekretaris Daerah Kota (Sekdako), Sonny Budaya Putra dan sejumlah kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD). Ketua Komisi IV DPRD Sumatera Barat Muhammad Ikhbal menyebutkan, apa yang disampaikan oleh Wakil Walikota Padangpanjang akan menjadi perhatian DPRD. 
 
"Kami sangat mendukung program pembangunan Kota Padangpanjang. Agar program pembangunan dapat berjalan, hendaknya terbangun koordinasi dan sinergi yang baik dengan pemerintah provinsi sehingga pembangunan dapat berjalan dengan lancar," kata Ikhbal. 
 
Dia menambahkan, koordinasi dan sinergi hendaknya juga dibangun dengan pemerintah pusat. DPRD Provinsi siap mendukung sesuai dengan kewenangan pemerintah provinsi, atau melalui bantuan keuangan khusus (BKK). DPRD juga siap memperjuangkan ke pemerintah pusat jika tidak memiliki anggaran yang cukup. 
 
Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Sumatera Barat, Mesra yang berasal dari Kota Padangpanjang, dalam kesempatan itu menyatakan sangat memaklumi kondisi Kota Padangpanjang. Kebutuhan anggaran cukup besar untuk membiayai program pembangunan prioritas tersebut. 
 
"Khusus yang berkaitan dengan penyelenggaraan event provinsi, ini akan kami catat untuk diperjuangkan di dalam anggaran provinsi untuk mendapatkan dana yang cukup. Secara umum, DPRD Sumatera Barat juga akan memberi perhatian kepada Kota Padangpanjang untuk mendapatkan program pembangunan sesuai kewenangan yang dimiliki," terang politisi Partai Gerindra yang pernah duduk tiga periode di DPRD Kota Padangpanjang ini. 
 
Dalam kunjungan tersebut, Wakil Walikota Padangpanjang bersama Sekdako dan kepala OPD mendampingi rombongan Komisi IV DPRD Sumatera Barat meninjau beberapa lokasi. Diantaranya lokasi rencana revitalisasi rest area, Gedung Islamic Center, Terminal Bukit Surungan dan Pasar Pusat Padangpanjang. (01/pmc)

Share on:

Pengumuman

Kamis, 23 Juli 2020 | 10:56:51 WIB

Maklumat pelayanan informasi publik ..


Kamis, 12 April 2018 | 09:22:45 WIB

Maklumat Sekretariat DPRD Provinsi..


Download

Artikel Terbaru