Permasalahan Kelangkaan BBM Mesti Dituntaskan

PADANG, Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat Saffarudin Datuak Bandaro Rajo, meminta PT. Pertamina Persero segera menuntaskan persoalan kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) Jenis Solar dan Premium. “ Untuk menuntaskan permasalahan ini, DPRD akan melakukan rapat koordinasi dengan memanggil pihak Pertamina agar mendapatkan solusi dan mengurangi keresahan masyarakat,” katanya saat ditemui K, Senin (11/11).

Dia engatakan dengan panjangnya antrean yang terjadi di sejumlah SPBU akan meberikan dampak buruk terhadap wilayah, salah satunya adalah kemacetan. Untuk mendapatkan BBM jenis Solar dan Premium , masyarakat rela menunggu hingga berjam-jam. "

Jika kondisi ini berkelanjutan, maka bisa saja kecelakaan lalu lintas terjadi, " katanya.

Terjadinya kelangkaan, lanjutnya, BBM juga imbas dari regulasi pemerintah pusat dan masyarakat belum siap menerima, begitupun pihak pengusaha. Diamengatakan, kelangkaan BBM jenis premium dan solar di Sumatera Barat merupakan masalah yang selalu terjadi dari tahun ke tahun. Mesti ada soslusi yang tegas , agar pasokan BBM bisa memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Masalah kelangkaan bensin premium ini sudah masalah lama yang terus menerus berulang. Sudah saatnya kita mencari solusi yang tepat dan bisa mengubah keadaan. Sehingga Sumbar tak akan lagi mengalami kelangkaan bensin premium,\\" ujarnya Dia mengatakan bahwa sangat mengherankan jika Pertamina mengklaim Sumbar sudah mendapatkan pasokan bensin premium lebih dari kuota namun ternyata kelangkaan masih terjadi. (03)