SAFARI RAMADHAN

Masyarakat Diminta Pelihara Sikap Toleransi dan Jaga Kerukunan

Jumat, 02 Juni 2017 | 14:59:24 WIB | Berita
Masyarakat Diminta Pelihara Sikap Toleransi dan Jaga Kerukunan
Danlanud Sutan Syahrir Kol. Pnb. Eko Sujatmiko menyampaikan sambutan Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim dalam kunjungan safari Ramadhan ke Tanjuang Bonai Aur, Sumpur Kudus, Sijunjung, Selasa (30/5).

SIJUNJUNG – Masyarakat diminta untuk selalu memelihara sikap toleransi antar sesama sehingga kerukunan di tengah masyarakat tetap terjaga. Masyarakat juga diminta untuk tidak mudah terpancing atau terprovokasi oleh isu-isu tidak jelas yang bisa memecah belah persatuan bangsa.

Hal itu disampaikan oleh Komandan Landasan Udara (Danlanud) Sutan Syahrir Kolonel Penerbang Eko Sujatmiko saat memimpin rombongan Safari Ramadhan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat ke Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung, Selasa (30/5) malam. Danlanud yang baru bertugas beberapa hari di Padang ini bersama rombongan melakukan Safari Ramadhan di Masjid Tahmid Nagari Tanjung Bonai Aur Kecamatan Sumpur Kudus.

–Sikap toleransi harus tetap terpelihara agar kerukunan di tengah masyarakat selalu terjaga. Jangan mudah terpancing atau terprovokasi oleh isu yang tidak jelas yang bisa memecah belah persatuan bangsa,” kata Eko.

Dia menambahkan, perkembangan informasi yang semakin pesat dengan adanya media sosial dewasa ini, menuntut setiap orang untuk semakin berhati-hati dan selektif dalam menerima dan meyakini kebenaran sebuah informasi. Setiap informasi yang berkembang harus disikapi dengan arif dan bijak.

Terpisah, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat Hendra Irwan Rahim yang sedianya akan memimpin rombongan Safari Ramadhan Pemprov Sumatera Barat ke Tanjung Bonai Aur Sumpur Kudus tersebut mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga ketenangan dan kerukunan dalam menjalankan ibadah puasa.

Hendra mengajak umat muslim untuk saling memghormati dan tidak terpancing berbagai isu yang dihembuskam oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab dengan tujuan memecah-belah persatuan dan merusak kerukunan.

–Mari jaga ketenangan dalam menjalankan ibadah puasa. Jangan terpancing isu negatif yang dihembuskan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab,”ajaknya.

Hendra sedianya menjadi pimpinan rombongan Safari Ramadhan Pemerintah provinsi Sumatera Barat ke Sumpur Kudus. Namun, karena alasan kesehatan, pimpinan rombongan dipercayakan kepada Komandan Landasan Udara (Danlanud) Sutan Syahrir Kolonel Pemerbang Eko Sujatmiko.

Wakil Bupati Sijunjung Arival Boy dalam kesempatan itu mengakui, perkembangan teknologi informasi menuntut kearifan. Teknologi informasi harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk tujuan positif seperti dalam membantu belajar bagi generasi muda.

–Untuk menerapkan hal seperti ini kepada generasi muda tentunya membutuhkan pengawasan dari para orangtua agar perkembangan teknologi informasi dimanfaatkan secara positif,” katanya.

Dia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sijunjung terus berupaya meningkatkan pembinaan generasi muda melalui berbagai program kegiatan. Diantaranya adalah Program Tahfidz Qur’an dimana setiap kecamatan saat ini diutus dua orang guru tahfidz.

–Program-program kegiatan seperti ini akan mendorong generasi muda untuk selalu berfikir positif sehingga mampu menyaring informasi dan siap menerima kemajuan teknologi,” ujarnya. *Publikasi/01

Share on:

Semua Berita lainnya

Komentar

Aspirasi Masyarakat

  • Jumat, 17 Oktober 2014 | 23:37:00 WIB,

    Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Andalas (Unand) Padang

    Malu pak selaku pelayan aspirasi rakyat kok wakilnya berstatus korupsi. Semoga segera dibersihkan dan wakil rakyat periode sekarang jangan sampai terkait kasus korupsi lagi,Saya sangat tidak setuju mobil orang kaya pakai BBM subsidi, solusi terbaik,

Artikel/Tulisan

Pengunjung